Home Biodiversitas 10 Keterampilan Bertahan Hidup Orangutan yang Perlu Diajarkan

10 Keterampilan Bertahan Hidup Orangutan yang Perlu Diajarkan

Keterampilan Bertahan Hidup Orangutan

Agrozine.id – Memanjat, membangun sarang dan menemukan jenis makanan yang tepat adalah beberapa keterampilan bertahan hidup orangutan yang sangat penting untuk dipelajari dari induknya.

Orangutan yatim piatu di Pusat Rehabilitasi diajar oleh pengasuh di Sekolah Hutan dimana mereka dilatih untuk menguasai keterampilan ini.

Keterampilan Bertahan Hidup Orangutan

Berikut adalah beberapa keterampilan yang perlu diajarkan kepada orangutan untuk bertahan hidup di alam liar.

1. Membangun Sarang

orangutan liar membangun sarang diatas pohon untuk beristirahat di siang hari dan tidur di malam hari. Di sarang pucuk pohon, orangutan aman dari bahaya yang mengintai di lantai hutan dan terlindung dari cuaca yang buruk. Orangutan mengumpulkan ranting dan daun setiap hari untuk membangun sarang.

2. Menghindar dari Predator

Untuk bertahan hidup di hutan, orangutan perlu untuk mengetahui tentang bahaya yang mengintai di sekitar dan bagaimana menjauhinya.

Orangutan memiliki predator alami seperti macan dahan, buaya dan ular. Oleh karena itu anak orangutan di sekolah hutan diajari tentang bahaya yang ditimbulkan oleh predator dan cara menghindarinya.

3. Goyangan Pohon

Orangutan adalah hewan arboreal terbesar di dunia. Mereka bergerak di kanopi dengan presisi. Orangutan sering menggunakan bobotnya sendiri untuk membengkokkan batang pohon kecil dan dahan untuk mendorong diri dari satu pohon ke pohon lainnya.

Namun hal itu membutuhkan latihan dan menjadikannya sebagai salat satu keterampilan yang perlu dipalajari orangutan untuk bertahan hidup.

Baca Juga: Dua Bayi Orangutan Masuk Pusat Rehabilitasi Borneo Orangutan 
Survival Foundation (BOSF)

4. Memanjat

Memanjat menjadi dasar dari setiap keahlian penggerak suara bagi orangutan. Oleh karena itu orangutan yatim piatu di pusat rehabilitasi dilatih rutin untuk memanjat pohon sebagai keterampilan penting untuk bertahan hidup.

Beberapa pengasuh di sentra pusat reahbilitasi dilatih memanjat pohon dan akan memanjat pohon bersama orangutan yatim piatu di dalam perawatan mereka untuk mendorong orangutan menghabiskan waktu lebih banyak di pohon.

5. Brakiasi

Ini merupakan keterampilan bertahan hidup orangutan yang secara alai bisa diperlihatkan kepada kawanan orangutan di alam liar. Ini adalah kemampuan untuk mengayunkan tangan dari satu cabang ke cabang pohon lain.

Dengan bisa bergerak di bawah banyak cabang, orangutan lebih leluasa bergerak melintasi hutan. Hal ini juga berarti akses ke lebih banyak area dan sumber makanan. Orangutan bisa mempelajari keterampilan praktis ini di sekolah hutan dengan saling meniru satu sama lain.

6. Memakan Buah

Makanan favorit bagi orangutan adalah buah-buahan. Bergantung pada musim dan lokasi, orangutan dapat memakan ratusan spesies buah-buahan liar yang berbeda sehingga mereka tidak hanya dapat mengidentifikasi buah-buahan yang aman untuk dimakan tetapi juga cara memakannya.

Orangutan belajar memakan buah ara dan jambu biji yang bisa dimakan utuh, buah seperti durian dan kelapa yang perlu dikupas dulu untuk mengambil bagian daging buahnya. Di sekolah hutan, orangutan diajarkan untuk mengenali berbagai jenis buah yang bisa dimakan.

7. Pengupasan Kulit Kayu

Pengupasan kulit kayu adalah keterampilan bertahan hidup orangutan yang tak kalah penting. Kambium lapisan berair di bawah kulit pohon merupakan sumber makanan penting bagi orangutan selama musim kemarau. Itu sebabnya orangutan perlu tahu cara mengupas kulit kayu.

Di sekolah hutan, pengasuh menunjukkan kepada orangutan bagaimana mereka bisa mengupas kulit kayu pada pohon tertentu, mengikis kambium lunak dengan gigi mereka, mengunyah dan menelan apa yang bergizi, memuntahkan sisa serat yang tidak dapat dimakan dan kemudian mengulanginya lagi.

Baca Juga: Repatriasi 11 Orangutan Sumatera dari Malaysia dan Thailand

8. Makan Avertebrata

Orangutan adalah hewan omnivora sehingga mereka bisa memakan berbagai macam makanan di hutan. Selain buah, orangutan juga memakan avertebrata seperti rayap, semut dan larva lebah yang merupakan bagian penting dari makanan orangutan.

Secara khsusus, rayap mudah ditemukan di lantai hutan dan karena kandungan proteinnya tinggi merupakan bagian penting dari makanan orangutan.

9. Ekstraksi Pitch

Mengupas bagiah luar pelindung tanaman memperlihatkan inti yang lembut dan dalam. Inti dari berbagai jenis tanaman merupakan sumber makanan penting untuk orangutan. Contohnya adalah rotan yang merupakan makanan penting bagi orangutan.

Di hutan, rotan melimpah dan tersedia sepanjang tahun. Sangat penting bagi orangutan untuk mengetahui cara melihat rotan yang bisa dimakan dan mengupas bagian luarnya yang runcing untuk menemukan bagian inti yang lembut dan bisa dimakan.

Baca Juga: Rekam Jejak Mardianto, Orangutan yang Dilepasliarkan BOSF 
di Hutan Kalimantan

10. Makan Dedaunan

Makan daun juga menjadi keterampilan penting untuk orangutan dalam bertahan hidup karena di hutan tidak selalu tersedia buah-buahan.

Pucuk daun muda yang empuk merupakan makanan penting untuk orangutan. Mereka diajarkan untuk mengenal jenis daun yang aman untuk dimakan dan dimana menemukannya di dalam hutan.

Sama seprti manusia, orangutan juga membutuhkan keterampilan untuk bisa bertahan hidup di habitat alaminya. Demikian 10 keterampilan bertahan hidup orangutan yang harus diajarkan, karena di hutan juga banyak predator dan bahaya yang mengintai orangutan sehingga keterampilan untuk bertahan hidup ini sangat penting. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here