Home Perikanan 3 Jenis Pakan Udang Vaname Sesuai Pertumbuhannya

3 Jenis Pakan Udang Vaname Sesuai Pertumbuhannya

Agrozine – Dalam budidaya udang vaname, pakan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan. Pakan dengan kandungan dan nutrisi yang baik akan membantu tumbuh kembang udang sehingga petambak memperoleh hasil yang berkualitas. Pemberian pakan pada udang vaname juga tidak asal, karena pakan disesuaikan dengan perkembangannya. Terdapat tiga fase perkembangan udang, yakni fase starter, grower, dan finisher. Nah, berikut adalah 3 jenis pakan udang vaname sesuai pertumbuhannya.

 

  1. Pakan Mesh (Tepung)

Jenis pakan udang vaname ini berbentuk tepung dengan tekstur yang sangat halus. Selain itu, pakan mesh memiliki kandungan nutrisi seimbang yang didapat dari proses penggilingan bahan-bahan pakan. Pakan tepung atau mesh sebaiknya diberikan pada udang vaname fase starter, yakni usia dibawah 15 hari dan masih berbentuk benur. Pemberian pakan ini sangat cocok untuk bentuk mulut udang yang masih terlalu kecil.

 

  1. Pakan Crumble (Granula)

Jenis pakan ini memiliki bentuk yang lebih besar dari pakan mesh atau tepung. Pakan crumble untuk udang vaname dihasilkan dari penggumpalan pakan jenis tepung dengan tambahan nutrisi. Selain itu, pakan crumble atau granula ini bisa dihasilkan dari proses penghancuran pakan pellet sehingga tercipta ukuran yang lebih kecil. Pakan crumble dapat diberikan pada udang vaname yang sudah menginjak usia 16-45 hari dan memasuki masa grower atau pembesaran.

 

  1. Pakan Pellet

Nah, jenis pakan satu ini memiliki ukurang yang lebih besar dari pakan crumble. Pellet biasanya berbentuk silinder, memiliki diameter, panjang, dan kepadatan yang lebih besar dari jenis pakan lainnya. Pakan pellet sangat cocok diberikan pada udang vaname yang telah berusia 46-120 hari dan memasuki masa finisher atau panen. Kandungan nutrisi pada pakan ini sangat lengkap sehingga dapat menambah bobot udang vaname saat dipanen.

 

Nah, berikut adalah 3 jenis pakan udang vaname sesuai pertumbuhannya yang tersedia dan mudah ditemukan di pasaran. Para pelaku usaha atau petambak harus memperhatikan usia udang yang dibudidayakan agar penyerapan nutrisinya baik. (rin)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here