Home Perkebunan 3 Langkah Mudah Menanam dan  Merawat Cengkeh

3 Langkah Mudah Menanam dan  Merawat Cengkeh

angkah mudah menanam dan merawat cengkeh

Buat kamu yang pernah merasakan rokok kretek mungkin tidak asing lagi dengan aroma cengkeh. Selain untuk dicampur dengan tembakau pada rokok, cengkeh ternyata juga sangat berguna di bidang kecantikan dan kesehatan loh. Ternyata, rempah-rempah asal Indonesia ini pun juga sering ditemukan di berbagai resep masakan loh. Kandungannya, bisa menetralisir bau dari bahan amis masakan tertentu, seperti daging kambing.

Meski banyak manfaat, ternyata masih ada stigma di masyarakat yang mengatakan menanam cengkeh itu sulit. Buat kamu yang penasaran dan ingin membuktikan stigma itu, yuk baca tips budidaya cengkeh berikut ini.

Lahan

Cengkeh merupakan tanaman dataran rendah yang bisa kamu tanam 0-900 mdpl. Untuk yang berdekatan dengan laut, kamu harus membuat lahan yang menghadap laut sehingga memudahkan sirkulasi udara. Pastikan juga lahan tidak terlalu banyak pasir yang tidak mampu menyimpan air seperti tanah.

Sebelum melakukan penanaman, bersihkan lahan dari gulma dan tanaman liar.  Setelah, itu kamu harus menggemburkan tanah dengan pacul dan diamkan selama tujuh hari. Pastikan juga pH tanah tidak kurang dari 5, meski kurang kamu bisa mengakalinya dengan kapur dolomit 1 ton per 1 hektar.

Selanjutnya, gali lubang sedalam 75 dengan diameter yang sama. Selanjutnya, masukan bahan organik fermentasi atau pupuk kandang untuk meningkatkan kandungan nutrisi di sana. Diamkan selama sebulan, hingga tanah benar benar menyerap kandungan tersebut sampai dalam. Pada masa menunggu, kamu bisa mempersiapkan bibit cengkeh yang sehat.

Bibit cengkeh

Untuk mempersingkat proses, kamu bisa langsung membeli bibit cengkeh  yang sudah berumur 1–2 tahun pada petani. Untuk yang berumur 1 tahun, tinggi pohon minimal 60 cm dan 90 cm untuk 2 tahun. Pastikan tumbuhan sehat tanpa penyakit. Pada akar, secara kasat mata panjang akar utamanya sekitar 45 cm dan 35 cm untuk cabangnya. Selain itu, batang pada tanaman mempunyai 7 pasang percabangan dengan jumlah daun maksimal 63 pasang daun muda. Dominasi warna dengan hijau segar dan hijau tua.

Perawatan

Pohon cengkeh muda sekitar 1–5 tahun masih butuh perawatan yang intens. Pada masa itu, mereka masih mudah terkena penyakit dan mati. Berikanlah fungisida atau insektisida tergantung jenis penyakit yang sering muncul di lahan cengkeh kamu. Tentu, kamu tidak mau pohon yang sudah menghabiskan banyak uang dan waktu mati begitu saja terlebih saat umur 5 tahun.

Kamu harus menyirami tanaman secara rutin dan menambahkan kuantitas dan jadwal saat musim kemarau. Selain itu, kamu juga perlu memberikan pupuk secara berkala setidaknya 6 bulan sekali baik menggunakan pupuk cair, kandang, atau organik. Berilah pupuk mengitari tanaman cengkeh.

Untuk tanaman yang mati atau tidak terselamatkan, kamu bisa menggantinya dengan tanaman yang berumur sama dan pergantian tanaman saat musim penghujan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here