Home Pet 4 Jenis Tanaman Andalan Hobi Aquascape

4 Jenis Tanaman Andalan Hobi Aquascape

Agrozine.id – Berbicara hobi aquascape selalu terikat dengan tanaman hias. Hal ini memang karena aquascape muncul sebagai hobi yang menitikberatkan keindahan ekosistem akuarium. Salah satu yang membuat aquascape indah pemilih tanaman yang tepat. Kali ini kami akan membahas Jenis Tanaman bagi para penggiat Hobi Aquascape.

Melihat aquascape dengan susunan yang tepat, membuat mata terpana melihatnya. Buat kamu yang masih awam, Tim agrozine sudah mempersiapkan daftar 4 jenis tanaman andalan penghobi aquascape. Yuk, disimak.

Dwarf Baby Tears
Tanaman asal kuba ini mulai diperkenalkan pada tahun 2000-an. Akhir-akhir ini, Dwarf Baby Tear semakin santer penggunaannya di dunia aquascape. Tanaman ini berfungsi sebagai foreground atau tanaman yang menutupi substrat.

Tanaman ini mempunyai karakter daun kecil dan padat. Sesuai dengan namanya dwarf, tanaman ini tidak akan tumbuh tinggi seperti moss sehingga untuk proses trimming lebih lama.

Untuk menutupi area substrat dengan cepat, kamu perlu menambahkan injeksi CO2 dan cahaya yang medium. Pastikan juga kamu memberikan pupuk cair untuk mempercepat proses tumbuh mereka yang sejatinya lama.

Hygrophila Polysperma
Berbeda dengan Dwarf Baby Tear, Hygrophila Polysperma bisa hidup di cahaya yang rendah. Tingkat perawatan yang rendah menjadikan tanaman ini idola bagi pecinta aquascape hingga bertahun-tahun. Kamu pun tidak perlu menambahkan CO2 injeksi untuk tanaman ini.

Tanaman yang cocok untuk background aquascape kamu ini bisa hidup di dua alam loh. Hygrophila Polysperma bisa hidup di atas permukan air dan bagian batangnya berada di dalam air. Istilah kerennya emersed.

Java Moss
Lumut andalan para aquascapers ini sejatinya berasal dari kawasan Asia Tenggara dengan nama Taxiphyllum barbieri. Tanaman yang serupa dengan ganggang rumput laut ini bisa hidup dengan metode emersed. Hanya saja, tanaman ini hijau dan rumput laut kuning.

Tanaman yang masuk keluarga Hypnaceae ini tidak merepotkan untuk aquascaper pemula.
Mereka bisa tumbuh tanpa CO2, cahaya rendah, dan suhu normal 29-30ÂșC. Tanaman ini biasa aquascape gunakan sebagai penghias di batu, kayu, bahkan di substrat.

Lilaeopsis Brasiliensis
Terakhir, tanaman yang paling sering digunakan sebagai tanaman foreground adalah Lilaeopsis Brasiliensis. Tanaman ini akan tumbuh menyebar dan memanjang lebat saat di akuarium bercahaya tinggi. Tinggi maksimal tanaman ini sekitar 5 cm. Tentu sangat cocok untuk biota yang suka sembunyi dan bermain di area bawah aquascape.

Lilaeopsis Brasiliensis merupakan tanaman yang pertumbuhannya sangat cepat. Kamu perlu rutin melakukan trimming agar tidak bentrok dengan tanaman lain.

Itulah 4 jenis tanaman andalan penghobi aquascape yang layak kamu jadikan pilihan. Meski begitu, kamu bisa memutuskan apakah ingin memakai jenis tanaman lain yang cocok dengan selera dan kriteria tankmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here