Home Pertanian Marketplace Khusus Pertanian Berbasis Android #1

Marketplace Khusus Pertanian Berbasis Android #1

Agrozine.id – Kamu petani, sudah panen, tapi masih bingung kemana harus menjual hasil panenmu? Jangan khawatir… Sebab, di era milenial ini kamu tidak perlu repot-repot membawa daganganmu ke pasar-pasar atau menjualnya ke tengkulak. Dengan HP android dan akses internet maka pasar sudah ada di genggamanmu. Kamu bisa menjualnya dengan harga yang pantas dengan keuntungan yang lebih besar karena tidak melalui pedagang perantara.

Pada artikel kali ini, sobat agro akan dikenalkan pada 4 pasar online atau marketplace khusus pertanian, di mana para petani bisa melakukan jual beli online langsung untuk hasil taninya atau dengan menjadi pemasok untuk marketplace tersebut. Dengan bergabung ke marketplace ini, para petani dapat memperluas pasarnya ke seluruh wilayah Indonesia, bahkan bisa ke seluruh dunia!

Mau tahu apa saja marketplace-nya? Langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Agromaret

Marketplace khusus pertanian ini dapat diakses di alamat Agromaret.com dan aplikasinya dapat kamu unduh di Play Store. Agromaret adalah komunitas dan online marketplace terbesar di Indonesia yang berfokus pada sektor pertanian dan telah beroperasi sejak tahun 2009. Agromaret hadir dengan tujuan untuk mengurangi dominansi pasar bagi sekelompok orang, menciptakan peluang pasar yang seluas-luasnya bagi para petani, dan menjadi sentra informasi di bidang pertanian.

Selama perjalanannya, Agromaret telah banyak memberikan dampak positif, baik bagi petani maupun masyarakat umum di seluruh Indonesia. Agromaret memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi para petani untuk memasarkan produknya langsung ke tangan konsumen, memperoleh komoditi pertanian langsung dari petani, serta membentuk jaringan dan link kerjasama yang seluas-luasnya di sektor pertanian. Agromaret terus berkomitmen dalam membantu menyelesaikan permasalahan pertanian di Indonesia.

Agromaret menyediakan ruang untuk jual beli produk pertanian, peternakan, dan perikanan, serta sarana produksi yang mendukung pertanian seperti alat dan mesin pertanian, pupuk, pestisida, dan obat. Situs ini juga menyediakan ruang “Permintaan” bagi para pembeli yang ingin mencari produk pertanian, peternakan, maupun perikanan. Bukan hanya itu, situs ini juga menyediakan ruang “Kerjasama” untuk Para pebisnis di bidang pertanian yang ingin mencari mitra bisnis.

 TaniHub

Marketplace khusus pertanian ini dapat diakses di alamat Tanihub.com dan aplikasinya bisa diunduh di Play Store. TaniHub adalah e-commerce yang hadir untuk memberikan kemudahan bagi semua orang, baik rumah tangga atau pelaku usaha, untuk memenuhi semua kebutuhan sayur, buah, ikan, hingga sembako langsung dari petani Indonesia. Didukung dengan sistem pembayaran yang aman dan proses pengiriman yang relatif cepat.

Kelebihan dari TaniHub adalah banyak memberikan promo kepada para pembeli sehingga bisa menarik lebih banyak pembeli, termasuk juga promo bebas ongkir ke kota-kota besar di Indonesia (Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, dan Bali) sehingga cukup banyak keuntungan yang pembeli rasakan ketika berbelanja di TaniHub.

TaniHub memiliki variasi produk yang luas, semua ada di dalam satu aplikasi. Mulai dari daging ayam, telur, daun bayam, cabai merah keriting, buah naga, jahe, kunyit, dan jenis buah dan sayuran lainnya. Selain harganya yang lebih terjangkau, sayuran di TaniHub dijamin kesegaran dan kualitasnya karena datang langsung dari para petani Indonesia.

TaniHub juga menyediakan berbagai produk-produk bumbu masak dari berbagai merek ternama. Cabe tabur, bumbu opor, sosis, chicken nugget, yogurt, kopi, dan masih banyak lagi, semuanya bisa dibeli langsung dari aplikasinya.

Pertumbuhan TaniHub cukup pesat. Awalnya hanya ada di Jakarta, tapi sekarang sebagai aplikasi belanja sayur online, TaniHub telah hadir di berbagai kota-kota besar di Indonesia, mulai dari Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Jogja, Solo, Semarang, hingga Bali.

Berbeda dengan Agromaret, para petani tidak langsung menjual atau berhubungan dengan konsumen. Para petani bekerjasama dengan TaniHub sebagai penyuplai produk, sedangkan pemasaran hingga pengirimannya ditangani oleh TaniHub.

Demikian 2 marketplace khusus pertanian yang bisa para petani manfaatkan untuk memasarkan hasil panennya.

Untuk marketplace berikutnya, dapat kamu baca di:

Marketplace Khusus Pertanian Berbasis Android  #2

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here