Home Pertanian 5 Jenis Tumbuhan Paku yang Indah dengan Manfaat Medis

5 Jenis Tumbuhan Paku yang Indah dengan Manfaat Medis

Agrozine.id–Sekitar 12.000 spesies tanaman paku yang tersebar di Indonesia. Dari sekian banyak tumbuhan paku, hanya ada 6 jenis tumbuhan paku yang indah dengan manfaat medis. Bahkan, tumbuhan paku yang paling umum dikonsumsi di Indonesia hanya ada satu, Pakis cakar elang.

Penasaran dengan 6 jenis tumbuhan paku yang indah dengan manfaat medis? Yuk simak artikel yang sudah tim Agrozine.id persiapkan untuk kamu.

Paku cakar elang
Di Asia, jenis paku cakar elang bisa kamu temukan di dalam menu sayuran restoran. Pakis yang bisa dikonsumsi ini telah melalui proses panjang sebelum kamu makan. Kamu bisa melihat penjelasannya lebih lanjut di “Bahaya Konsumsi Pakis, tingkatkan risiko kanker benarkah?”

Jenis tumbuhan paku yang indah ini mempunyai kandungan vitamin A dan C, Kalium, Fosfor, Magnesium, Kalsium, dan Protein. Khusus Protein, kadarnya lebih tinggi 4,5 kali daripada tanaman yang lain.

Dengan kadar vitamin A dan C yang tinggi, sistem imun dan kesehatan kulit kamu lebih terjaga. Penyakit stroke, jantung, dan tekanan darah pun bisa mereda karena kandungan niasin dan kalium. Pertumbuhan tulang, otot, kulit, dan darah bisa terbantu dengan magnesium, kalsium, dan protein. Bahkan, nyeri otot pun bisa reda dengan kandungan fosfor.

Paku burung unta
Jenis tumbuhan paku yang indah kedua yaitu burung unta. Tanaman ini umum dikonsumsi di negara bagian barat. Seperti paku cakar elang, kamu bisa menemukan makanan ini di menu restoran. Namun, kamu yang ingin memasaknya sendiri harus benar-benar mengikuti prosedur agar terhindar dari diare dan muntah.

Jenis paku ini mempunyai manfaat medis yang sama dengan paku cakar elang, kamu bisa menjadikannya obat diabetes karena ada kandungan mangan yang memaksimalkan kerja tiroid. Selain itu, dengan mengkonsumsi pakis secara rutin kamu bisa meningkatkan sistem imun, sel darah merah, kesehatan kulit dan mata. Hebatnya, kolesterol atau lemak jahat di dalam tubuh akan berada di batas yang bisa ditolerir tubuh.

Paku pedang
Jenis tanaman yang mempunyai ciri daun seperti bilah pedang ini ternyata mempunyai khasiat medis juga. Orang zaman dahulu menggunakannya sebagai obat cacing.

Paku sarang burung
Sesuai dengan namanya, paku sarang burung ini mempunyai bentuk daun lebar dan runcing di ujungnya. Secara umum, bentuk tanaman ini keseluruhan seperti mangkuk atau sarang burung. Bagian tengah lebih rendah dan bagian luar lebih tinggi. Manfaat medis jenis tumbuhan paku yang indah ini sebagai obat memar atau bengkak.
Paku tanduk rusa
Jenis tumbuhan paku yang indah ini sering kamu temukan di bagian pohon kayu. Selain itu, paku tanduk rusa bisa kamu jadikan penghias dinding loh agar memberikan kesan segar dan dinamis. Manfaat medis yang bisa kamu dapatkan dari tanduk rusa seperti, obat gondok, bisul, penyubur kandungan, dan pereda haid.

Tertarik memiliki 5 jenis tumbuhan paku yang indah dengan manfaat medis ini? –Dan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here