Home Pertanian 5 Tips Bertanam di Lahan Sempit yang Patut Dicoba

5 Tips Bertanam di Lahan Sempit yang Patut Dicoba

Agrozine.id– Memiliki lahan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang senang bercocok tanam. Namun saat ini sudah banyak teknik bertanam di lahan sempit yang bisa anda lakukan untuk memanfaatkan lahan yang sempit,terutama di pekarangan rumah. Yuk cari tahu 5 tips bertanam di lahan sempit yang bisa menjadikan rumah anda menjadi lebih indah.

Pemilihan jenis tanaman dan tata letak yang tepat dapat membantu pemanfaatan lahan sempit untuk berococok tanam. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk bercocok tanam meski lahan sempit.

1.Menerapkan sistem tabulampot

Tips pertama adalah anda bisa menanam buah-buahan yang memungkinkan untuk ditanam di dalam pot atau istilah kerennya disebut tabulampot. Metode ini sudah tidak asing lagi diterapkan untuk bercocok tanam dalam lahan sempit.

Caranya juga cukup mudah. Yang kita butuhkan hanya tanah yang sudah dicampur dengan pupuk organik dan tentunya pot yang akan digunakan sebagai media tanam. Gunakanlah pot yang berlubang di bagian bawahnya untuk menjaga kelembaban tanah. Banyak jenis buah yang bisa ditanam menggunakan metode ini seperti jambu,jeruk,alpukat dan bahkan durian.

2. Gunakan sistem tanam hidroponik

Metode hidroponik bisa jadi pilihan bagi anda yang memiliki lahan sempit. Hidroponik sebetulnya memerlukan air daripada lahan luas. Bagian yang paling penting diperhatikan dalam sistem hidroponik adalah air,nutrisi tanaman,suhu  dan intensitas cahaya. Dalam lahan 1-2 meter,sistem hidroponik bisa ditanamai 20-25 tanaman. Salah satu teknik hidroponik yang sudah populer dan mudah adalah hidroponik wick yang bisa menggunakan botol plastik bekas sebagai wadah tanaman.

3. Menerapkan sistem vertikultur

Vertikultur

Selanjutnya adalah metode vertikultur. Media yang dibutuhkan untuk metode ini cukup sederhana yaitu bidang berbentuk vertikal atau berupa tembok. Tanaman yang digunakan untuk metode ini biasanya adalah tanaman yang berumur relatif pendek seperti sawi,bayam atau selada. Bahan untuk wadah tanaman pun cukup mudah didapat yaitu botol bekas  yang nantinya akan digantungkan ke tembok.

4. Memanfaatkan rooftop

Bagi anda yang memiliki rooftop,tidak perlu pusing memikirkan lahan untuk bercocok tanam. Pasalnya rooftop bisa digunakan sebagai lahan untuk bercocok tanam sekaligus memperindah pemandangan rumah anda. Apalagi di rooftop ini bisa diterapkan beberapa metode bercocok tanam seperti hidroponik,vertikultur atau tabulampot. Kabar baiknya bercocok tanam di rooftop bisa membantu meredam panas matahari yang masuk ke dalam rumah.

5.Menanam di dalam pot gantung

Menanam di dalam pot gantung juga bisa menjadi pilihan untuk mengatasi lahan sempit.  Pot gantung ini bisa ditempatkan di halaman atau langit-langit rumah. Yang penting diperhatikan adalah pot digantung tidak terlalu tinggi agar mudah ketika menyiram dan pastikan tanaman mendapat sinar matahari yang cukup.

Setelah mengetahui  5 tips bertanam di lahan sempit ini,apakah anda tertarik untuk mencobanya? (ira)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here