Home Pertanian 6 Cara Budidaya Jamur Tiram Putih di Rumah untuk Pemula

6 Cara Budidaya Jamur Tiram Putih di Rumah untuk Pemula

Agrozine.id – Jamur tiram merupakan komoditas yang menjanjikan. Dengan iklim tropis yang baik untuk pertumbuhannya, banyak petani Indonesia telah membudidayakn jamur tiram putih. Untuk memulai investasi, biaya yang dikeluarkan tergolong murah dan caranya pun mudah. Bagi pemula yang ingin menanam jamur ini tidak perlu repot membuat bibit sendiri. Karena sekarang, bibit jamur putih dijual dalam bentuk baglog.

Jamur memiliki banyak manfaat, selain dikonsumsi jamur juga diolah menjadi obat. Dengan beragam khasiatnya, komoditas ini semakin menarik untuk dijadikan peluang bisnis. Berikut cara budidaya jamur tiram putih untuk pemula yang bisa kamu ikuti dari rumah!

  1. Siapkan Kumbung

Untuk mengawali langkah budidaya jamur tiram putih, kamu perlu menyiapkan rumah untuk jamur yang disebut kumbung. Kumbung adalah sebuah bangunan yang diisi rak-rak untuk menaruh baglog, dan biasanya dibuat dari bambu atau kayu. Material yang digunakan untuk dinding biasanya papan, sedangkan atapnya memakai genteng. Lantai kumbung sebaiknya tidak diplester agar air bekas siraman jamur bisa meresap, karena kumbung harus tetap lembab.

Dalam kumbung, susunlah rak bertingkat dengan kisi-kisi untuk menyusun baglog. Material rak sama seperti kumbung, menggunakan bambu ataupun kayu. Letakkan rak berjajar dan pastikan berjarak antar satu rak dengan lainnya, gunanya agar kamu mudah melakukan perawatan.

Sebaiknya, tinggi ruang antar rak tidak kurang dari 40 cm dan rak bisa dibuat 2-3 tingkat. Sesuaikan ukuran rak dengan jumlah baglog yang akan dibudidayakan! Untuk ukuran rak dengan panjang setiap ruasnya 1 meter dan lebar rak 40 cm, kamu bisa memuat 70-80 baglog.

  1. Bersihkan Kumbung

Sebelum kamu memasukkan baglog ke dalam rumah jamur, sebaiknya kamu memastikan kumbung dan rak-rak nya bersih dari kotoran. Untuk memastikan kebersihannya, lakukan pengapuran dan penyemprotan fungisida dan diamkan selama 2 hari. Jika bau obat sudah hilang, kamu bisa mulai memasukkan dan menyusun baglog di rak.

  1. Siapkan Baglog

Baglog adalah media tanam tempat kamu menaruh bibit jamur tiram yang terbuat dari sebuk gergaji. Kemasan baglog berbungkus plastik dan berbentuk silinder, pada salah satu ujungnya terdapat lubang untuk jamur tiram tumbuh. Saat ini baglog jamur tiram putih yang beratnya 1 kg dijual dengan harga Rp 2000-2500.

  1. Menyusun Baglog

Nah, saat menyusun baglog dalam rak ada dua cara yaitu menyusun secara vertikal dan horizontal. Baglog yang disusun horizontal akan menyita ruang, namun penyiramannya akan lebih efektif karena tidak akan merendam baglog.

  1. Perawatan Jamur Tiram

Sebelum kamu menyusun baglog, bukalah cincin dan kertas penutup baglog terlebih dahulu. Lalu diamkan baglog selama 5 hari, bila lantai nya terbuat dari tanah kamu dianjurkan melakukan penyiraman agar kumbung tetap lembab.

Setelah itu, potonglah ujung baglog agar ruang pertumbuhan jamur lebih lebar, biarkan tanaman selama 3 hari sebelum menyiramnya. Penyiraman dalam budidaya jamur tiram putih ini menarik, karena kamu cukup menyiram lantai kumbung.

Lakukan penyiraman hingga terbentuk kabut, dengan frekuensi penyiraman 2-3 kali sehari. Jaga suhu dalam kumbung pada kisaran 16 hingga 24 derajat celcius.

  1. Panen Jamur Tiram

Apabila baglog telah tertutup sempurna dengan miselium, biasanya dalam waktu 1-2 minggu sejak pembukaan tutupnya, jamur akan tumbuh dan siap panen. Baglog jamur tiram putih dapat kamu panen 5-8 kali kalau perawatannya baik.

Baglog dengan berat 1 kg bisa menghasilkan jamur sebanyak 0,7-0,8 kilogram loh! Setelah panen, daripada membuang baglog kamu bisa memanfaatkannya sebagai bahan kompos.

Ciri jamur yang siap panen adalah jamur yang mekar, berwarna putih, dan ujungnya terlihat meruncing.

Nah, itulah dia cara budidaya jamur mudah untuk pemula. Ingat, pantau terus perkembangan jamur dan jangan sampai telat panen, ya! Semoga bermanfaat!

tonton video ini

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here