Home Peternakan 6 Cara Menyimpan Daging Agar Awet dan Tidak Mudah Busuk

6 Cara Menyimpan Daging Agar Awet dan Tidak Mudah Busuk

Agrozine.id – Daging adalah bahan makanan yang mudah busuk jika dibiarkan terlalu lama.Dalam artikel ini akan dirangkum 6 cara menyimpan daging agar awet dan tidak mudah busuk.

Daging yang dibiarkan terlalu lama akan mengalami pembusukan. Dengan begitu kandungan nutrisi di dalamnya juga akan berkurang atau bahkan hilang. Banyak orang mengira menyimpan daging di dalam kulkas adalah satu-satunya cara agar daging bisa awet dan tidak mudah busuk. Namun masih ada berbagai cara lain untuk menyimpan daging agar lebih tahan lama seperti berikut ini:

1.Daging jangan dicuci dulu

Apabila masih belum akan dimasak, sebaiknya daging jangan dicuci dulu. Mencuci daging sebelum memasukkannya ke dalam kulkas hanya akan membuat kandungan air dalam daging semakin bertambah. Menyimpan daging yang memiliki kandungan air banyak di dalam kulkas akan membuatnya mudah mengalami freezer burn .

Freezer burn adalah kondisi dimana udara mencapai makanan sehingga membuat makanan tersebut menjadi lebih cepat rusak. Daging yang mengalami freezer burn akan mengering . Mencuci daging sebelum menyimpannya juga rentan terhadap bakteri yang menempel dari tempat pencucian daging.

2. Gunakan plastik sebagai wadah untuk menyimpan daging

Sebelum disimpan di dalam kulkas, sebaiknya daging dibungkus menggunakan plastik agar permukaannya tidak kering. Selain membungkus dengan plastik,membungkus daging dengan wadah tertutup juga akan membantu menghindarkan daging terkontaminasi oleh bakteri yang berasal dari makanan lain di dalam kulkas.

3. Marinasi daging

Menyimpan daging yang telah dibumbui juga dapat membuat daging menjadi lebih awet. Sebaiknya gunakan bumbu seperti bawang putih, garam ,gula dan kunyit sebelum menyimpan daging. Hal ini bertujuan untuk membantu mematikan bakteri yang menyebabkan daging mengalami pembusukan.

4. Simpan daging dalam potongan kecil

Sebelum disimpan, daging sebaiknya dipotong-potong menjadi bagian kecil terlebih dahulu. Cara ini dilakukan karena memiliki banyak manfaat. Misalnya daging yang berukuran kecil akan lebih mudah dicairka ketika akan dimasak. Selain itu memotong daging menjadi bagian kecil-kecil akan mengurangi kontak langsung antara potongan daging di dalam wadah penyimpanan.

5.Simpan daging dalam freezer dengan suhu yang tepat

Selanjutnya untuk menjaga agar daging lebih awet dan tidak cepat busuk adalah dengan menyimpannya di dalam freezer dengan suhu yang tepat. Agar lebih tahan lama,daging sebaiknya disimpan dalam suhu 12 derajat.

Sebagian besar nilai gizi daging akan dipertahankan selama pembekuan dan hanya zat makanan yang larut dalam air yang akan hilang bersama cairan daging selama proses pencairan kembali.

6. Pengasapan

Cara ini cocok digunakan untuk daging yang berlemak. Lumuri daging dengan garam ,lalu asapi daging hingga mengering. Daging yang sudah diasapi dan kering kemudian disimpan di tempat yang kering. Mengawetkan daging dengan cara diasapi bisa membuat daging tahan hingga 6 bulan penyimpanan.

 

Demikianlah cara menyimpan daging agar awet dan tidak mudah busuk. Daging yang tidak diolah dengan baik akan mengurangi cita rasa dan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya akan ikut menghilang. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here