Home Peternakan 7 Cara Budidaya Ternak Babi, Hal Ini Yang Harus Diperhatikan

7 Cara Budidaya Ternak Babi, Hal Ini Yang Harus Diperhatikan

Agrozine.id -Beternak babi hanya dilakukan oleh sebagian kecil orang terutama di Indonesia. Namun tak dipungkiri, beternak hewan ini juga mendatangkan banyak keuntungan. Babi yang termasuk jenis hewan ungulata ini merupakan hewan omnivora sekaligus,dimana babi memakan segala jenis makanan. Dalam artikel ini akan dibahas cara budidaya ternak babi yang mudah dilakukan.

Berikut adalah cara budidaya ternak babi:

1.Persiapan lahan

Babi bukan hewan kecil seperti ayam,sehingga beternak hewan yang satu ini membutuhkan lahan yang lumayan luas untuk dijadikan sebagai lokasi kandangnya. Sebuah lahan di halaman belakang rumah bisa dijadikan sebagai tempat untuk membuat kandang dalam beternak babi. Selain itu, ternak babi juga tergolong hewan yang kotor dan bau,sehingga penempatan kandang di belakang rumah bisa menjadi pilihan yang tepat.

2. Pembuatan kandang

Kandang untuk ternak babi,buatlah sebaik mungkin dengan material yang kuat sehingga aman untuk pergerakan babi di dalamnya. Berikan alas atau atap pada kandang untuk menghindarkan babi dari paparan sinar matahari dan air hujan. Fungsi kandang babi yang baik aadalah sebagai berikut:

  • untuk menghindari dari lingkungan yang merugikan
  • mempertahankan kehangatan di dalam kandang saat dingin
  • mempermudah perawatan ternak babi seperti memberi makan dan minum serta memandikan babi

3.Pembuatan saluran untuk membuang kotoran babi

Setelah membuat kandang, jangan lupa buatkan saluran pembuangan untuk kotoran babi, untuk menghindarkan bau yang tidak sedap yang ditimbulkan oleh ternak babi.

4. Pemilihan bibit ternak babi

Sebelum membuat peternakan babi atau memelihara ternak babi di rumah,langkah awal yang harus dilakukan adalah pemilihan bibit ternaknya, Ternak atau indukan babi yang sehat dan unggul memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • kulitnya segar,tidak pucat
  • tidak malas
  • nafsu makan baik dan normal
  • gemuk
  • tidak cacat

5.Vaksinasi

Vaksinasi adalah salah satu langkah perawatan ternak babi. Pemberian vaksin bertujuan untuk menghindarkan babi dari serangan hama dan penyakit. Pemberian vaksin harus rutin dilakukan minimal 2 bulan sekali.

6. Supply air bersih

Langkah selanjutnya adalah dengan supply air bersih untuk keperluan membersihkan kandang dan memandikan babi.  Selain itu air bersih juga dibutuhkan untuk minum babi.

7.Supply makanan seimbang

Selain kebersihan kandang dan pemberian vaksin, beternak babi juga harus memperhatikan supply pakan seimbang yang dibutuhkan oleh ternak babi sehari-hari, agar babi tumbuh dan berkembang dengan baik.

 

Demikianlah cara budidaya ternak babi yang mudah dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here