Home Perikanan 8 Tips Budidaya Udang Agar Panen Sukses

8 Tips Budidaya Udang Agar Panen Sukses

Tips Budidaya Udang

Agrozine.id – Bisnis hasil budidaya perairan memang sangat menjanjikan. Salah satunya yaitu budidaya udang. Komoditi udang sangat diminati pasar lokal maupun internasional.

Banyak cara mudah untuk membudidayakan udang, namun tidak banyak para pelaku usaha budidaya yang mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, kami akan berikan informasi mengenai tips budidaya udang agar panen dapat sukses.

Tips Budidaya Udang

Simak tips budidaya udang berikut ini !

1. Memilih udang

Hal yang harus diperhatikan saat memilih jenis udang adalah potensi pasarnya apakah baik atau tidak. Kemudian, dengan mengetahui jenis kamu dapat merencanakan usaha melalui manajemen pakan, kolam, dan perawatan.

2. Persiapan kolam

Kolam harus bersih dan bebas dari limbah. Kamu dapat menggunakan tambak kecil atau agar lebih efisien bisa menggunakan kolam terpal

3. Menyiapkan air

Ketersediaan air menjadi faktor penting untuk budidaya udang. Suhu air berkisar 26-30 derajat celcius dan pH air sebaiknya 6-7.

4. Menyiapkan bibit

Setelah menentukan jenis udang tips budidaya udang selanjutnya memilih bibit udang yang unggul dan bebas dari hama penyakit.

5. Penebaran bibit

Sebelum ditebar bibit harus di aklimitasi agar tidak stres dan mati. Caranya bibit didiamkan dalam wadah dan dimasukkan ke kolam selama 15-20 menit lalu dilepaskan secara perlahan.

6. Pemberian pakan dan nutrisi

Tips budidaya udang selanjutnya adalah beriĀ  pakan yang berkualitas dan nutrisi agar pertumbuhan cepat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari. Pemberian nutrisi juga berfungsi agar udang lebih sehat terhindar dari penyakit.

7. Pemeliharaan

Lakukan pengecekan kondisi kolam dan udang secara berkala. Lakukan pembersihan kolam jika air kotor atau lumut tumbuh sangat banyak. Penyakit pada udang biasa disebabkan karena kurangnya nutrisi dan kondisi air.

8. Pemanenan

Dalam kondisi yang sehat udang dapat dipanen saat berumur 5-6 bulan. sebaiknya lakukan pemanenan pada malam hari agar menghasilkan udang yang segar.

Demikianlah tips budaya udang yang harus diperhatikan saat kamu ingin memulai budidaya udang. Agar mendapatkan hasil panen yang berkualitas lakukan proses persiapan dan pemeliharaan yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat ya. Selamat mencoba ! (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here