Home Peternakan 8 Tips Sukses untuk ternak anak bebek

8 Tips Sukses untuk ternak anak bebek

ternak anak bebek

Ternak bebek mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk mencari sumber penghasilan lain. Namun, kamu harus baca tips ini bila beranggapan beternak bebek seperti beternak ayam.

1.  Kuantitas Air yang Cukup

Bebek memang suka air tetapi pemberian air haruslah sesuai kebutuhan.  Anak bebek membutuhkan air untuk menelan makanan dan jumlahnya tidak berlebihan. Setidaknya, air yang pas untuk anak bebek sampai mereka bisa membenamkan paruh untuk membersihkan diri dari makanan sisa yang menutupi lubang udara di paruh mereka.

2. Jauhkan dari Ranting

Mungkin maksudnya baik untuk memberikan hiburan bagi bebek ternak kamu, tetapi bebek tidak bertengger seperti ayam. Jadi jangan buang uang dan waktu untuk membuat ini. Lebih baik kamu menyiapkan tempat tidur mereka dari semak semak kering di bawah tanah dan tempat yang gelap. Itulah tempat tidur mereka di alam liar.

3. Beranikan diri dengan kotor

Anak bebek adalah hewan yang sangat sembrono dan jorok. Mereka tidak segan untuk berlari menuju sumber air, menumpahkan air, membalikan tempat makan, atau mengotori tempat minum mereka.

Sebagai antisipasi, kamu bisa mempersiapkan tempat minum yang hanya meneteskan air sedikit mungkin atau membatasi area minum mereka. Selain itu, Kamu juga harus sering membersihkan sarang mereka.

4. Berikan pakan yang tepat

Sebelum membeli anak bebek, sebaiknya kamu mempersiapkan tempat pakan yang tepat di sarangnya. Mereka lebih suka makanan yang lembut, tidak seperti makanan ayam. Selain itu, pastikan pakan sudah mencukupi nutrisi harian anak bebek. Terutama pada kandungan niasin yang membantu pertumbuhan tulang mereka.

Selain itu, bisa diselingi dengan makanan lain seperti, ulat, jangkrik, atau sayuran dan selalu segar, ya.

5. Rawat dengan rasa kasih

Anak bebek seperti anjing yang membutuhkan kasih sayang. Bila kamu merawatnya dengan baik, mereka akan memberikan yang terbaik juga ke kamu. Dengan kata lain, bebek bisa menjadi hewan peliharaan yang menurut, mengekor ke mana pun kamu pergi dan sangat ekspresif saat ada kamu.

Kuncinya adalah sering menghabiskan waktu bersama mereka dan berikanlah makanan secara teratur. Namun, terlalu sering berkontak fisik bukanlah ide yang baik. Ini akan mempengaruhi kesehatan bebek dan kamu. Perhatikan mereka dari jauh dan sedikit kontak fisik secara berkala meningkatkan kedekatan dengan anak bebek.

6. Membuat kandang

Jika kamu ingin membuat kandang di area terbuka, pastikan membuat pagar yang kokoh. Dengan cara ini, kamu bisa menjauhkan mereka dari ancaman hewan buas. Selain itu, kamu bisa melindungi area sekitar, terutama tanaman dari serangan ganas bebek yang rakus makanan.

Kamu juga perlu membuat jaring pelindung bila di area kamu terdapat burung pemangsa. Bila tidak ada, kamu tidak perlu membuat jaring dan menghemat uang.

7. Ketahui tujuan kamu beternak bebek

Beternak bebek untuk konsumsi atau telur sangatlah berbeda pada teknik perawatan. Jadi, lebih baik tentukan dulu ingin ternak bebek pedaging atau petelur dan lakukan riset lebih lanjut.

8. Membuat sarang tetap hangat

Seperti unggas lainnya, sarang untuk anak bebek mempunyai ketentuan temperatur khusus. Idealnya 32-35 celcius untuk seminggu pertama dan turun 10 derajat per minggu sampai mereka dewasa.

Untuk lampu, dua atau satu bohlam sudah cukup memberikan kehangatan atau bisa menggunakan lampu penghangat khusus ternak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here