Home Perikanan 9 Jenis Ikan Aquascape yang Bisa Hidup Berdampingan

9 Jenis Ikan Aquascape yang Bisa Hidup Berdampingan

jenis ikan aquascape

Agrozine.id – Ikan merupakan komponen yang penting untuk memperindah aquascape selain tanaman dan hardscape. Namun, buat kamu yang ingin memelihara banyak jenis ikan di dalam satu tank, pahamilah tidak bisa semua jenis ikan di satukan. Meski begitu, sejatinya terdapat banyak jenis ikan aquascape yang dapat hidup berdampingan loh.

Selain melihat jenis makanan yang mereka konsumsi, kamu juga harus memastikan ukuran setiap jenis ikan hampir sama. Bila salah satu saja mendominasi, ikan berukuran lebih kecil bisa menjadi mangsa.

Untuk itu, tim agrozine.id sudah mempersiapkan daftar jenis ikan aquascape yang bisa hidup berdampingan. Mereka akan membuat aquascape kamu lebih indah dan kamu lebih nyaman memandangi tingkah ikan yang beraneka ragam.

Molly

jenis ikan molly

Ikan molly termasuk hewan omnivora. Meski begitu, kamu masih aman memelihara ikan yang seukuran dengan molly.
Ikan molly adalah salah satu hewan omnivora, sehingga bisa memangsa ikan lainnya.

Neon tetra

jenis ikan aquascape

Jenis ikan Aquascape selanjutnya adalah ikan neon Tetra. Ikan ini merupakan perenang yang suka bersama-sama atau schooling. Bila ingin memelihara ikan ini, pastikan membeli dalam jumlah banyak, sedikitnya 10 ekor. Ikan ini akan lebih mudah stress saat kamu memelihara dalam jumlah sedikit.

Guppy

jenis ikan aquascape

Ikan guppy mempunyai corak yang beragam. Sangat menarik perhatian ketika mereka berenang mengibas ekor yang lebar. Ikan guppy mudah sekali berkembang biak.

Platy

jenis ikan aquascape

Ikan platy sering kali disamakan dengan ikan molly. Bentuk tubuh platy lebih panjang dan ramping ketimbang molly.

Harlequin rasbora

jenis ikan aquascape

Ikan ini biasa juga disebut red rasbora. Harlequin berasal dari sungai-sungai dan danau di Kalimantan, Sumatera, Singapura, dan Thailand.

Harlequin seperti neon tetra yang biasa berenang secara berkelompok. Kamu harus membeli ikan ini setidaknya 10 ekor.

Mosquito rasbora

jenis ikan aquascape

Mosquito rasbora juga banyak yang memanggilnya dengan chili rasbora. Jenis ikan aquascape ini seperti harlequin rasbora, biasa berenang secara bergerombol. Ikan ini harus kamu pelihara dalam jumlah yang banyak seperti ikan schooling lainnya.

Corydoras

jenis ikan aquascape

Corydoras merupakan perenang bawah. Mereka biasa memakan makanan sisa atau alga. Ikan ini mempunyai corak yang beragam dan menarik untuk dipelihara.

Otocinclus affinis

jenis ikan aquscape

Otocinclus affinis atau biasa disebut oto oleh sebagian aquascapers. Fungsi ikan ini seperti corydoras, yaitu membersihkan alga. Hanya saja, oto lebih nafsu memakan alga.

Kuhli Loach

Ikan ini juga termasuk jenis ikan aquascape yang juga perenang tipe bawah seperti corydoras. Dia mempunyai panggilan yang cukup banyak, seperti Coolie Loach, Prickley Eye, Loach Berlendir, dan Loach Macan Tutul.

Ikan ini mirip seperti belut atau ular dari kejauhan. Badan mereka sangat unik dengan tubuh memanjang hanya ada sirip bening kecil di dekat kepalanya.

Apakah kamu mendapatkan inspirasi? Berapa jenis ikan yang akan kamu tampung? Sebaiknya, disesuaikan juga dengan kapasitas tank dan jumlah ikan agar tidak terjadi persaingan antar ikan karena ruang gerak yang sempit. -Dan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here