Home Perikanan Ace Aquatec : Cara Baru untuk Pecahkan Permasalahan Akuakultur

Ace Aquatec : Cara Baru untuk Pecahkan Permasalahan Akuakultur

Agrozine.id – Ace Aquatec meraih penghargaan Inovasi Akuakultur Global 2020 melalui kemitraan industri dan teknologi mutakhirnya di tahun 2020 dalam praktik kelautan bertanggungjawab dan berkelanjutan. Didirikan pada tahun 1999 oleh John Ace Hopkins dan investor Annete Peyncarte, perusahaan ini adalah pemasok teknologi akuakultur yang berbasis di Dundee, Skotlandia perusahaan ini  mencerminkan nilai-nilai petani makanan laut modern yang semakin mengutamakan kesejahteraan hewan.

Adapun produk yang dihasilkan Ace Aquatec saat ini adalah sistem pencegah predator akustik dan elektrik, kamera bawah air untuk membaca biomassa yang tepat dan alat listrik di dalam air. Selain itu, pengembang telah menemukan inovasi baru alat pembasmian laut untuk memberikan efektivitas sekaligus menurunkan tingkat stress ikan.

Baca Juga : Program “Tarik Ikan” dari eFishery Tingkatkan Nilai Produk Perikanan Indonesia

Didukung dengan dana hibah dari Humane Slaughter Association, upaya Ace Aquatec berjalan dengan baik menurut tim penguji dan disarankan untuk segera menyempurnakan prototipe utamanya.

Penemuan di Ace Aquatec mendapat pujian dari industri. “Kami mencoba mengambil inovasi terbaru dari industri akuakultur” kata Wildoboer. Jika kita melihat teknologi baru, itu sering kali dapat memicu ide tentang bagaimana kita dapat menyelesaian masalah budidaya  dengan cara baru.

Untuk mengatasi tantangan akuakultur yang lebih keras, Ace Aquatec bermitra dengan beberapa peternakan terbesar di Skotlandia. “Kolaborasi ini telah menginspirasi inovator untuk menyelidiki kesenjangan industri”, kata Wildoboer.

Baca Juga : Startup eFishery Tingkatkan Pendapatan dan Bantu Pembudidaya Ikan Hadapi Pandemi

“Dengan bekerja sama dengan klien kami, kami menemukan bahwa terdapat kebutuhan misalnya sistem pengukuran biomassa bawah air yang akurat, yang menginspirasi kami untuk menciptakan BioCam 3D yang berfungsi untuk menangkap data 3D di bawah air untuk memberikan pembacaan biomassa yang tepat”, ujar Wildoboer.

Ace Aquatec telah memiliki pelanggan di seluruh Eropa dan telah melakukan pemasangan BioCam 3D di Kanada, Chili, Jepang, Selandia Baru dan Amerika Serikat. Mowi New Zealand King Salmon Selandia Baru, makanan laut Grieg, peternakan laut Skotlandia dan budidaya Cooke adalah di banyak mitra industri di perusahaan.

Beberapa kreasi Ace Aquatec telah digunakan di seluruh dunia seperti Humane Stunner Universal yaitu perangkat yang berhasil mengantarkannya meraih penghargaan tertinggi di Penghargaan Inovasi Akuakultur Global yang diselenggarakan oleh Global Aquaculture Alliance tahun 2020 lalu.

” Sebelum kami mengembangkan Human Stunner, kami melihat bagaimana ikan biasanya disembelih”, kata Wildoboer. ” Proses umum seperti pendinginan tidak hanya menyebabkan tingkat stres yang tinggi pada ikan tetapi juga memiliki banyak ruang untuk perbaikan dari sudut pandang kesejahteraan hewan”, tambahnya.

Pengerjaan proyek Ace Aquatec dibantu oleh investasi dari Aqua-Spark yang dimulai sejak November 2019. Dana investasi tersebut diarahkan untuk menciptakan industri akuakultur yang lebih sehat, berkelanjutan dan lebih terjangkau.

Baca Juga : Seafood Saver WWF-Indonesia Dukung Budidaya Rumput Laut Berkelanjutan

” Fokus Ace Aquatec pada pengembangan teknologi pertanian yang bertanggungjawab sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan hewan budidaya dan merupakan bagian penting dari misi Aqua-Spark. Kami percaya pada potensi dampak Ace Aquatec dan berharap dapat mendukung perusahaan saat mengembangkan lebih banyak produk inovatif dan terus memperluas jangkauannya” ,kata Co-Founder Aqua-Spark, Amy Novogaratz dan Mike Velling.

Pada saat yang sama, Nathan Pyne Carter, direktur pelaksana Ace Aquatec menjelaskan bahwa investasi Aqua-Spark akan memungkinkan perusahaan untuk memperluas operasinya di seluruh dunia, dan meningkatkan persediaan peralatan penyewaan untuk melayani kebutuhan pelanggan domestik dan internasional yang semakin berkembang dan juga untuk meningkatkan jumlah dan skala proyek R&D. (ira)

 

Tonton video menari ini :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here