Home Peternakan Agar Burung Sehat, Nyaman, Dan Rajin Berkicau

Agar Burung Sehat, Nyaman, Dan Rajin Berkicau

Agrozine.id – Burung piaraan yang rajin berkicau merupakan dambaan bagi para penggemar burung. Burung yang rajin berkicau juga menandakan bahwa burung tersebut dalam keadaan sehat dan nyaman. Berikut ini tips agar burung sehat, nyaman, dan rajin berkicau. 

  • Berikan pakan yang kaya akan nutrisi agar stamina burung tetap terjaga dan dapat lebih rajin berkicau. Selain memberi pakan pabrikan, kamujuga bisa memberi pakan tambahan seperti kroto, ikan dan daging cincang yang dikeringkan, dan ditambah dengan sayuran dan buah-buahan sehingga kebutuhan akan protein, vitamin, dan mineralnya tercukupi.
  • Berikan sedikit parutan jahe pada minuman burung atau campurkan pada pakan. Jahe dikenal bisa membuat burung lebih rajin berkicau. Jahe akan menghangatkan tubuh burung dan membuatnya lebih aktif. Jahe mengandung sejumlah senyawa aktif yang berperan sebagai antioksidan, antibakteri, dan anti-inflamasi sehingga dapat mencegah dan mengatasi serangan kuman penyakit. Berikan jahe setiap 3 hari sekali.
  • Berikan rebusan daun mengkudu tiap 2-3 hari sekali. Daun mengkudu bermanfaat untuk kesehatan burung dan membuat burung rajin berkicau dengan suara yang optimal. Caranya, siapkan 3 lembar daun mengkudu, rebus dengan 2 gelas air hingga tinggal 1/2 gelas. Dinginkan, berikan pada burung.
  • Bersihkan kandang atau sangkar burunBurung akan senang dan nyaman jika tempat tinggalnya bersih sehingga burung rajin berkicau.
  • Pagi hari sehabis subuh, letakkan sangkar burung di dahan pohon agar burung bisa mendapatkan udara segar untuk meningkatkan pernapasannya.
  • Mandikan burung setiap pagi untukmemelihara kesehatan bulu pada burung sekaligus menghindari kutu, tungau, dan sebagainya yang bisa mengganggu kenyamanan dan kesehatan burung.
  • Jemur burung sekitar jam 7 pagi sehingga bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup dan tubuh burung juga bisa lebih hangat. Matahari membantu pembentukanvitamin D alami sekaligus bisa mematikan kuman serta jamur yang ada di tubuh burung.
  • Saat siang hari, letakkan burung di tempat yang terlindung dari sinar matahari.
  • Latih fisik burung dengan cara menempatkan dalam kandang umbaran yang luas agar burung bisa bergerak bebas sehinggamenguatkan otot dan membuat nafas burung lebih
  • Putarkan suara burung lewat MP3 atau semacamnya. Pilih suara burung sejenis yang merdu atau suara burung yang sudah menang perlombaan. Lakukan dengan jeda 5 menit bunyi dan 5 menit diam.
  • Gunakan cermin untuk melatih mental Burung akan berkicaukarena merasa tersaingi melihat bayangannya di cermin.
  • Sebelum tidur malam, angkat wadah pakan untuk menghindari kegemukan sehingga burung akan malas beraktivitas dan berkicau. Selain itu,saat burung bangun di pagi hari, sebaiknya pakan yang pertama kali diberi adalah protein hewani seperti kroto atau serangga.

Demikian tips agar burung sehat, nyaman, dan rajin berkicau. Semoga bermanfaat dan semoga sukses! (das)

(Sumber Foto: https://www.welcomewildlife.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here