Home Agrowisata Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor

Agrowisata Gunung Mas Puncak Bogor

liputan6.com

Agrozine.id – Puncak Bogor selalu menjadi destinasi wisata alam bagi masyarakat perkotaan, terutama Jakarta. Tidak hanya kesejukannya yang menarik perhatian pengunjung. Namun, fasilitas wisata lainnya juga menyuguhkan berbagai aktivitas seru di dalamnya. Salah satunya objek wisata Perkebunan Teh Gunung Mas.

Agrowisata Gunung Mas Puncak adalah salah satu lokasi wisata dengan pesona Puncak yang asri. Tempat wisata ini berada di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara VIII. Perkebunan ini merupakan salah satu perkebunan teh terluas di wilayah Puncak Bogor, Jawa Barat. Alamatnya di Jalan Raya Puncak KM.87, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat. Berjarak lebih kurang 80 km dari Jakarta ke arah Puncak, Gunung Mas dapat ditempuh hanya dalam waktu 1,5 – 2 jam perjalanan. Agrowisata ini buka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Kamu akan menikmati hamparan pemandangan kebun teh yang mempesona dengan udara sejuk khas Puncak bersuhu 12 – 22 derajat celcius. Berada di ketinggian 800 – 1,200 mdpl, menjadikan suasananya segar dan menyenangkan. Tak hanya itu, Gunung Mas juga merupakan tempat untuk olahraga dan refreshing, cocok untuk menghilangkan kejenuhan rutinitas kerja di kota.

Apa saja yang bisa kamu lakukan di agrowisata Gunung Mas ini? Yuk, langsung dicek aja….

Tea Time

Pertama kali  masuk area agrowisata Gunung Mas ini, kamu akan disambut dengan hangatnya teh walini. Setelah membayar tiket masuk, kamu dapat menukarkan tiket dengan sebungkus teh di Front Office. Kamu pun bisa menikmati segarnya teh khas puncak bogor ini sambil menyantap pisang goreng hangat di Tea Corner ataupun Tea Cafe.

Tea Walk

Aktivitas Tea Walk adalah aktivitas andalan dan utama dari agrowisata Gunung Mas. Kamu akan berkeliling berjalan kaki menikmati suasana kebun teh. Selain menyehatkan tubuh, sekaligus juga menyegarkan mata dan pikiran.

Ada tiga pilihan rute yang ditawarkan saat melakukan Tea Walk. Rute terpendek adalah 4 km, rute sedang 6 km dan 8 km, serta terjauh 10 km. Kamu juga bisa meminta seorang pemandu untuk menemanimu berkeliling. Pemandu ini akan siap memaparkan berbagai informasi seputar teh Gunung Mas sambil berkeliling di perkebunan teh.

Berkeliling Kebun Teh Dengan Menunggang Kuda

Selain berkeliling kebun teh dengan berjalan kaki, kamu pun bisa berkeliling dengan menunggang kuda. Pilihan ini tentunya akan membuat kamu merasakan sensasi berbeda. Aktivitas berkuda ini memiliki 3 rute pilihan. Ada rute 30 menit, 1 jam, dan 2 jam. Tiap rute memiliki jalur dan keunikan masing-masing.

Mobil Off Road dan ATV

Bagi kamu yang suka tantangan, ada juga loh menikmati suasana kebun teh dengan cara yang lebih menantang. Kamu bisa mengendarai mobil off road atau ATV yang bisa memompa adrenalin kamu.

Bermain Paralayang/Gantole

Kamu ingin merasakan sensasi wahana agrowisata Gunung Mas yang lebih ekstrim? Di Gunung Mas ini juga tersedia arena bermain paralayang atau gantole. Wahana gantole ini merupakan salah satu kegiatan favorit. Kamu bisa menikmati suasana agrowisata ini dari ketinggian. Sambil terbang melayang di udara, kamu akan bisa melihat betapa indahnya bentangan alam ciptaan Tuhan dari atas Gunung Mas Puncak Bogor.

Berenang

Setelah kamu berpetualang di perkebunan teh, ada baiknya kamu merilekskan dan menyegarkan badanmu di kolam renang yang ada di agrowisata ini, yaitu kolam renang Tirta Mas.

Bermalam di Kebun Teh

Menginap di perkebunan teh dapat menjadi pengalaman tersendiri yang menyenangkan dan mengesankan. Jika kamu mau, kamu juga bisa bermalam atau bahkan berkemah di area wisata ini. Akan ada banyak pilihan penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari hotel, tipe pondokan, tipe bungalow, tipe rumah kayu kelapa, bahkan tipe pangrango.

Tersedia pula wahana camping ground di tengah areal perkebunan teh. Lokasi ini memang khusus disiapkan bagi wisatawan yang gemar berkemah di lokasi alam terbuka. Kamu tak perlu repot-repot bawa tenda karena di sana tersedia berbagai jenis tenda untuk disewakan.

Selain beberapa wahana permainan di atas, masih ada fasilitas penunjang lainnya. Ada aula wisma untuk ruang pertemuan, Tea Resto Tirta Mas, Tea Cafe, Lapangan Bola, Pabrik teh, Arena Bermain Flying Fox, dan Tempat ibadah.

Berapa tarif masuk objek wisata agrowisata Gunung Mas? Jangan khawatir, harganya cukup terjangkau, berikut ini tarifnya.

Kendaraan bis Rp 10.000, kendaraan kecil Rp 7.500, motor Rp 2.500.

Pengunjung dewasa Rp 6.000, mahasiswa/pelajar Rp 4.000

Kolam renang Tirta Mas: Rp5.000,

Masuk pabrik: dewasa Rp3.000, mahasiswa/pelajar Rp2.000, wisatawan asing Rp7.500

Pemandu pabrik: Rp20.000 – Rp40.000

Pemandu Tea Walk: Rp 20.000 – Rp60.000,

ATV: Rp50.000-100.000,

Gantole: Rp350.000,

Penginapan:

Rp400.000-Rp1.550.000/malam (weekdays)

Rp650.000-Rp1.850.000/malam (weekend)

Rp950.000–Rp2.150.000/malam (libur natal dan tahun baru).

Sebelum pulang, di Agrowisata Gunung Mas ini kamu juga bisa membeli berbagai oleh-oleh khas tempat ini. Lokasinya adalah di Tea Corner atau di komplek pekerja perkebunan teh. Di tempat oleh-oleh tersebut terdapat aneka jenis madu dan teh khas Gunung Mas.

Ada tiga jenis madu yang dikemas dalam botol 1 kg, yaitu madu kuning (Rp350.000), madu hitam (Rp450.000), dan madu bening (Rp600.000). Ada juga tiga varian teh yang bisa kamu bawa pulang, yaitu teh hitam dan teh hijau (Rp30.000/200 gram), serta teh putih (Rp250.000/50 gram). (das)

Kunjungi Nursery Tanaman Hias Keren di Kota Bogor, Ini Link-nya:

IG : @amani.jungle

Tiktok : amani.jungle

Yuk, tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here