Home Pertanian Akhirnya, Fapet Universitas Brawijaya Resmikan Kandang Sistem Closed House

Akhirnya, Fapet Universitas Brawijaya Resmikan Kandang Sistem Closed House

kandang sistem closed house

Agrozine.id – Charoen Pokphand sebagai pelaku usaha industri pakan ternak memberikan hibah kandang model closed house modern layer untuk ayam petelur kepada Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya (Fapet UB). Sejak tahun 2019 lalu, pembangunan kandang closed house berkapasitas 5000 ekor ayam telah dilakukan. Kini, di penghujung tahun 2020, Fapet UB resmikan kandang sistem closed house sebagai teaching farm dan juga toko produk peternakan bernama Entrepreneur Teaching Centre (ETC).

Acara serah terima kandang sistem closed house antara PT Charoen Pokphand Indonesia, Tbk dengan Fakultas Peternakan UB ditandai dengan penandatanganan berita acara oleh Dr. Tjiu Thomas Effendy, SE.,MBA (Presiden Direktur PT. CPI), Benyamin Limi (Regional Head PT. CPI area Jawa Timur), Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR (Rektor UB), dan Prof. Dr. Sc. Agr. Ir. Suyadi, MS.,IPU.,ASEAN Eng (Dekan Fapet UB) secara bersamaan.

Baca juga: Dosen Fapet UB Kembangkan Budidaya Ayam Broiler Organik

Acara peresmian kandang sistem closed house dilakukan secara daring melalui ZOOM dan channel YouTube Fapet UB  Pada acara tersebut dihadiri pula oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur, Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.

Dilansir dari laman berita UB, Khofifah memaparkan bahwa kegiatan ini adalah langkah awal untuk menyatukan dan menyelaraskan antara perguruan tinggi, industri, dan pemerintah guna membangun dan mewujudkan kawasan industri halal (KIH). Lalu ia membubuhkan tanda tangan peresmian di atas batu prasasti.

Sementara itu Presdir PT. CPI, Thomas Effendy berpendapat bahwa melalui kegiatan hibah, perusahaan dapat berperan serta dengan menjembatani dan memfasilitasi proses link and match yang lebih signifikan. Yakni penggalian kompetensi yang dibutuhkan industri untuk jangka ke depannya. Sehingga pada saat lulus, mahasiswa ready to use for industry maupun melakukan wirausaha, yang dapat meningkatkan industri peternakan nasional.

kandang sistem closed house

Sesuai yang direncanakan, kandang sistem closed house tersebut akan dimanfaatkan sebagai sarana pendidikan dan penelitian, media aplikasi dan pertukaran ilmu pengetahuan di bidang teknik budidaya, pencegahan dan penanganan penyakit, manajemen usaha, manajemen keuangan, dan pemasaran hasil produksi.

Pada bulan September 2020 lalu, kandang closed house mulai diisi ayam petelur muda atau pullet. Dan indukan pertama telah dapat berproduksi (bertelur) tepat tanggal 7 November 2020. Fapet menamai sang induk “HYLENA” karena berasal dari galur Hyline, untuk mengenangnya sebagai indukan pioner dalam pengembangan teaching farm ayam petelur.

Baca juga: PT CPI dan Fapet Universitas Brawijaya Kunjungi Kandang Closed House

Kemudian, ETC adalah toko poduk peternakan yang digunakan sebagai sarana pembelajaran, magang, magang bersertifikat, dan pelatihan kewirausahaan mahasiswa. Toko ETC yang terletak di Gedung IV lt.1 Fapet UB ini menyuguhkan berbagai macam produk dari dosen dan mahasiswa Fapet, serta produk-produk dari PT.CPI seperti telur, ayam segar, frozen food, dan makanan siap saji.

Dekan Fapet UB menyampaikan harapannya yaitu dengan adanya teaching farm dan ETC dapat memfasilitasi mahasiswa dalam mengemban ilmu, sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan dan wawasan di dunia industri maupun wirausaha. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here