Home Pertanian Aklimatisasi Stroberi Hasil Kultur Jaringan

Aklimatisasi Stroberi Hasil Kultur Jaringan

Agrozine.id – Istilah aklimatisasi tentu sudah tidak asing dalam dunia pertanian. Aklimatisasi memiliki arti penyesuaian diri dengan iklim, kondisi atau lingkungan baru. Selain itu aklimatisasi juga dapat diartikan sebagai penyesuaian kondisi oleh tumbuhan atau hewan pada iklim yang berlainan dengan iklim iklim tempat asal sebagai akibat pemindahan. Banyak tanaman yang mengalami aklimatisasi. Kali ini kita akan membahas aklimatisasi dalam perbenihan stroberi hasil kultur jaringan.

Aklimatisasi biasanya terjadi pada tanaman hasil kultur jaringan. Aklimatisasi terjadi saat tanaman hasil kultur akan dipindahkan ke lahan tanam. Oleh karena itu dalam tahapan ini diperlukan perhatian dan kondisi lingkungan yang cukup optimal untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

Tanaman stroberi hasil kultur jaringan yang akan diaklimatisasi membutuhkan iklim mikro yang tepat untuk menjaga kelembaban air tetap dalam keadaan optimal. Selain itu komposisi bahan dalam media tanam yang optimal juga dibutuhkan agar tanaman stroberi dapat tumbuh dengan baik ketika sudah dipindahkan ke lahan tanam.

Pemilihan bahan tanam dan perlakuan yang tepat dalam aklimatisasi akan menghasilkan tanaman stroberi yang berkualitas baik, sehat dan siap didistribusikan dalam jumlah banyak. Berikut adalah tahapan aklimatisasi stroberi hasil kultur jaringan:

1. Tanaman yang sudah dilkultur, dikeluarkan dari botol kultur dan dibersihkan dengan fungsida dengan cara direndam selama kurang lebih 2 jam.

2.Tanam stroberi mini ke dalam pot atau pot tray yang sudah diisi dengan arang sekam kurang lebih 2-4 minggu dalam kondisi sungkup.

3. Pindahkan bibit stroberi ke dalam media tanam lain di lapangan setelah cukup umur. Gunakan media tanam dengan komposisi tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1, atau bisa ditambahkan juga dengan arang sekam.

4. Tanaman yang sudah dipindahkan ke media tanam lahan harus tetap dalam kondisi sungkup menggunakan plastik bening hingga 2/4 minggu untuk menjaga kondisi iklimĀ  mikro tanaman.

5. Setelah tanaman terlihat cukup kuat barulah sungkup dibuka.

Setelah tanaman stroberi dipindahkan ke lahan tanam, maka diperlukan perawatan agar tanaman tumbuh dengan baik. Perawatan yang perlu dilakukan meliputi penyiraman tanaman dengan cara pengkabutan setiap 2-3 hari sekali atau tergantung cuaca, pemupukan dengan dosis rendah, dan pengendalian hama dengan cara penyemprotan fungisida dan pestisida dengan dosis rendah.

Demikianlah cara aklimatisasi stroberi hasil kultur jaringan. Semoga dengan informasi ini pengetahuan tentang istilah-istilah pertanian semakin bertambah. (ira)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here