Home Perikanan Jaga Kualitas Air Dengan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Jaga Kualitas Air Dengan Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis

Agrozine.id – Menejemen kualitas air budidaya ikan secara intensif sangat tergantung dari jumlah makanan yang ditebar, semakin banyak makanan ikan yang ditebar maka penurunan kualitas air  akan semakin cepat. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga kualitas air agar tidak cepat menurun adalah penggunaan teknologi autofeeder atau alat pakan ikan otomatis.

Dalam hal budidaya ikan, petani pada umumnya akan memberikan makanan manual yaitu dengan cara menebar langsung ke tambak atau kolam. Selain cukup menyita waktu pemberian makanan  yang berlebihan juga dapat mengakibatkan terganggunya kesehatan hingga kematian dari ikan peliharaan.

Maka dari itu, dengan adanya alat pakan ikan otomatis  dapat dilakukan pengaturan jadwal pemberian, frekuensi, dosis yang bisa juga disesuaikan dengan berat tubuh ikan serta alat ini bisa difungsikan selama 24 jam penuh.

Dengan cara ini, maka kesalahan ketika memberikan makanan yang terada tidak terjadwal dan dosis yang juga hanya berdasarkan mereka kebutuhan ikan peliharaan, maka bisa dihindari.

Autofeeder ini memiliki dua jenis ukuran yang berbeda yaitu besar dan kecil yang disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk autofeeder ukuran besar dapat digunakan di kolam, sedangkan autofeeder yang kecil dapat digunakan untuk di akuarium.

Alat pemberi pakan ikan otomatis ini dirancang dengan menggunakan teknologi mikrokomputer sehingga memiliki kehandalan dalam akurasi dan presisi. Untuk melontarkan pakan digunakan pelontar dengan menggunakan motor AC yang memiliki RPM (Rotation Per Minute) yang bisa diatur sehingga pakan tersebar merata.

baca juga : Membuat Pakan Udang Kaya Nutrisi, Ini Caranya

Pengaturan dosis dilakukan dengan menggunakan motor DC (stepper motor, 0.80/step) sehingga bisa diprediksikan jumlah pakan yang keluar berdasarkan putaran yang dilakukan oleh motor.

Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis -1 - Agrozine

Dengan adanya autofeeder atau alat pakan ikan otomatis ini diharapkan dapat membantu mengatasi masalah ketepatan dan keteraturan proses pemberian pakan pada ikan, sehingga  produksi budidaya ikan oleh para petani dan petambak tersebut dapat meningkat. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here