Home Hortikultura Alpukat Pluwang, Buah Unggul Lokal Kualitas Maksimal

Alpukat Pluwang, Buah Unggul Lokal Kualitas Maksimal

www.tokopedia.com

Agrozine  Alpukat pluwang atau disebut juga alpukat hawai jumbo, alpukat green star, dan alpukat pangeran. Alpukat ini adalah salah satu jenis alpukat terbaik di Indonesia. Alpukat Pluwang berasal dari Dusun Pluwang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Namanya mulai viral sejak awal tahun 2018 sebagai salah satu buah alpukat yang memiliki berbagai macam keunggulan sehingga menarik para pembudidaya buah alpukat hingga kini.

Buah alpukat yang satu ini memang istimewa, ukuran buahnya jumbo, tekstur bagai mentega, dengan rasa buah yang memanjakan lidah. Bentuk buahnya oval memanjang dengan ujung buah menggelembung. Satu buah alpukat pluwang mampu mencapai bobot sekitar 1 hingga 2 kg dengan rasa buah yang lebih gurih, lezat, dan lebih manis jika dibandingkan alpukat lokal lainnya. Daging buahnya yang berwarna kuning tebal dan lembut, serta memiliki kulit buah yang halus serta mengkilap. Buahnya mudah matang alias grade A sehingga memiliki harga jualnya cukup tinggi.

Pohon alpukat ini memiliki ciri khas pada warna daunnya. Ketika masih muda pucuk daunnya berwarna kemerahan dan setelah besar menghijau. Tanaman ini tergolong tahan terhadap serangan hama ulat bulu.

Pohon alpukat pluwang memiliki sifat yang genjah alias dapat berbuah lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis alpukat biasa. Dalam waktu 2,5 hingga 3 tahun pohon alpukat yang memiliki tinggi kurang dari 2 meter sudah berbuah. Seiring bertambahnya umur, produktivitas tanaman ini semakin meningkat.

Tingkat produktivitas pohon alpukat ini juga cukup tinggi karena waktu berbuahnya tidak mengenal musim sehingga mampu berbuah sepanjang tahun. Pohon alpukat pluwang dapat mengalami  setidaknya 2 kali masa panen dalam satu tahun. Untuk Satu pohonnya bisa menghasilkan 50 kilogram buah alpukat. Alpukat ini memiliki daya adaptasi yang baik dan dapat mencapai hasil maksimal jika ditanam pada ketinggian antara 500 mdpl sampai dengan 1.000 mdpl. Tanaman ini membutukan penyinaran matahari sepanjang hari.

Alpukat ini memiliki berbagai macam manfaat jika rutin mengonsumsi buahnya. Berikut beberapa manfaat alpukat pluwang untuk kesehatan:

  • Mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang memiliki fungsi meningkatkan kolesterol baik.Dengan demikian, mampu menjaga kesehatan jantung karena dapat mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan dapat meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Mampu memperbaiki jaringan sel kulit.
  • Mengurangi risiko terkena flu.
  • Kaya akan serat sehingga mampu menyehatkan sistem pencernaan.

Demikianlah informasi tentang alpukat pluwang. Semoga bermanfaat, selamat berbudidaya, dan semoga sukses!

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here