Home Kampus Analisis Manfaat Taman Kota pada Beberapa Taman di Kota Bogor

Analisis Manfaat Taman Kota pada Beberapa Taman di Kota Bogor

Agrozine.id – Ruang terbuk hijau merupakan ruang terbuka publik yang keberdaannya tidak dapat dipisahkan dari masyarakat sebagai wadah pendukung manfaat ekologi, sosial, ekonomi, budaya dan estetika. Adanya ruang terbuka hijau mampu membantu mengatasi rasa stress dan jenuh masyarakat perkotaan akibat padatnya aktivitas sehari-hari. Salah satu kota yang padat penduduk di Jawa Barat adalah kota Bogor. Pengadaan taman kota menjadi salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut, sehingga dirasa perlu adanya analisis manfaat taman kota pada beberapa taman yang berada di kota Bogor.

Melihat perlunya solusi untuk masalah perkotaan tersebut, Dwi Octaviani melakukan penelitian untuk memenuhi tugas akhirnya di Departemen Arstitektur Lanskap Fakultas Pertanian IPB University dengan melakukan penelitian mengenai analisis manfaat taman kota di beberapa taman yang berada di kota Bogor.

Beberapa taman kota yang menjadi lokasi penelitian Dwi adalah Taman Kencana, Taman Sempur dan Taman Heulang. Sulitnya mendapat izin untuk melakukan penelitian dan sulitnya mendapat responden yang tepat untuk menjadi narasumber menjadi kendala yang dihadapi Dwi dalam melaksanakan penelitiannya ini.

“Kadang ada narasumber yang sulit untuk dimintai keterangan, dan ada kalanya juga taman itu benar-benar sepi jadi sulit untuk mencari narasumber”, ucapnya.

Untuk mendapatkan narasumber sesuai target yang telah ditetapkan di awal penelitiannya, Dwi harus berangkat pagi-pagi sekali menuju taman karena pada pagi hari biasanya banyak aktivitas seperti olahraga atau jogging yang dilakukan masyarakat di taman kota.

Terdapat beberapa aspek yang digunakan Dwi sebagai objek dalam penelitiannya untuk mengetahui manfaat taman kota yaitu aspek topografi, fasilitas taman, vegetasi dan pemeliharaan taman kota.

Berdasarkan hasil penelitiannya dari ketiga taman kota yang menjadi objek penelitian semuanya memiliki kondisi topografi yang bervariasi mulai dari landai hingga curam dengan tingkat kemiringan antara 0-40%.

Kondisi Fasilitas

1.Taman Kencana

Taman Kencana di Kota Bogor

Kondisi fasilitas di Taman Kencana cukup baik dengan adanya penataan selaras dengan tanaman sehingga menambah keindahan dan tertata cukup rapi. Salah satu fasilitas yang menonjol di Taman Kencana adalah adanya sculpture berbentuk manusia yang sedang membaca buku berwarna kuning keemasan yang dijadikan monumen revitalisasi sumpah pemuda. Kondisi fasilitas dan vegetasi yang baik di Taman Kencana membuat masyarakat merasakan manfaat taman kota ini dengan baik sebagai penjaga iklim mikro di tengah ramainya aktivitas kota Bogor.

Taman Kencan cukup dikenal oleh masyarakat Bogor dan sekitarnya sehingga taman ini cukup banyak dikunjungi. Suasana di Taman Kencana terkesan dama dan tenang dan umumnya aktivitas yang dilakukan pengunjung adalah duduk santai, mengobrol dan berdiskusi. Biasanya taman ini akan ramai pada saat akhir pekan.

2. Taman Sempur

Jogging track di Taman Sempur

Jika dibandingkan dengan Taman Kencana, Taman Sempur terbilang jauh lebih ramai pengunjung. Taman ini merupakan salah satu taman yang mengalami proses revitalisasi tahun 2015 oleh pemerintah kota Bogor melalui Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) dan Taman Sempur diresmikan pada tahun 2017. Desain yang berbeda dari taman lainnya menjadikan Taman Sempur cukup unik dan memiliki kondisi taman yang cukup baik.

Manfaat taman kota Taman Sempur ditujukan untuk memenuhi kebutuhan berolahraga untuk masyarakat di Kota Bogor dan sekitarnya sehingga di tengah taman ini terdapat rumput lapangan dengan kualitas yang cukup baik dan dikelilingi oleh jogging track. Hampir setiap hari Taman Sempur ramai oleh pengunjung.

3. Taman Heulang

Taman Heulang

Pada umumnya Taman Heulang dijadikan sebagai tempat bermain bola oleh masyarakat sekitar. Taman ini merupakan taman kota terluas di kota Bogor dan sudah mengalami revitalisasi pada tahun 2016. Taman Heulang memiliki fasilitas dengan kondisi yang terawat dengan sangat baik dengan adanya petugas yang melakukan perawatan secara rutin.

Taman Heulang merupakan taman kota yang dapat dikunjungi oleh berbagai kalangan usia dan status sosial, namun taman ini hanya ramai pada hari-hari tertentu saja. Pada hari kerja biasanya Taman Heulang sepi oleh pengunjung.

Persepsi yang diberikan masyarakat sebagai respon adanya taman kota Sempur, taman Kencana dan Taman Heulang tergolong sangat baik. Masyarakat yang menjadi responden juga memberikan preferensi yang sangat baik guna penambahan fasilitas taman yang mereka inginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Masyarakat merasakan manfaat taman kota sebagai tempat untuk bersantai, rekreasi dan berolahraga untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Oleh karena itu perlu adanya pengawasan dan pengelolaan taman kota lebih lanjut dari berbagai pihak yang terkait agar manfaat taman kota dapat dirasakan oleh masyarakat sesuai dengan fungsinya termasuk dalam hal penambahan vegetasi untuk menjaga iklim mikro di taman kota. (ira)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here