Home Perikanan Aneka Pakan Alami untuk Ikan Nila, Apa Saja?

Aneka Pakan Alami untuk Ikan Nila, Apa Saja?

Aneka Pakan Alami untuk Ikan Nila,

Agrozine.id – Pakan memiliki peranan vital dalam usaha meningkatkan hasil pada budidaya ikan. Pakan yang diberikan kepada ikan harus bermutu tinggi, bernutrisi, dan memenuhi persyaratan untuk dikonsumsi oleh ikan yang dibudidayakan.

Selain itu, ketersediannya harus kontinyu sehingga tidak menjadi kendala dalam proses produksi ikan dan dapat memberikan pertumbuhan yang optimal. Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai aneka pakan alami untuk ikan nila.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Nila

Ikan nila bisa memakan tumbuhan maupun hewan atau disebut dengan omnivora. Berikut ini adalah daftar pakan alami yang baik untuk pertumbuhan ikan nila.

Share for Free: Lemna Minor, Pakan Alami Alternatif Protein Tinggi

Pakan Alami Ikan Nila

Pemberian pakan alami untuk ikan nila dapat menekan biaya produksi pembesaran ikan nila. Pada budidaya ikan intensif, lebih dari 60% dari biaya produksi terpakai untuk pengadaan pakan.  Pada dasarnya pakan alami ini lebih murah bahkan bisa tersedia gratis di alam. Berikut adalah aneka jenis pakan alami untuk ikan nila:

1. Azolla pinnata

Azolla pinnata adalah salah satu jenis tumbuhan paku yang biasa tumbuh di sawah maupun kolam. Tumbuhan satu ini biasa digunakan untuk pakan ternak berbagai macam ikan, salah satunya nila. Azolla mempunyai kadar protein yang tinggi yaitu sekitar 31%. Pemberian pakan Azolla pinnata bisa sangat efektif untuk menambah berat ikan nila.

2. Plankton dan fitoplankton

Pada awal memulai budidaya ikan nila pasti melewati tahap pembuatan kolam. Nah, biasanya pada tahap tersebut, kolam harus dipastikan bersih lalu diberi pupuk dan air. Tujuannya tidak lain yaitu agar plankton dan fitoplankton dapat tumbuh secara alami di kolam, sehingga dapat dijadikan untuk pakan alami. Kandungan proteinnya pun cukup tinggi yaitu sekitar 21-37%.

3. Lemna sp.

Lemna SP adalah tumbuhan kecil hijau yang hidup di air. Tumbuhan ini mengandung protein 10-45 %. Keunggulan menggunakan pakan Lemna untuk ternak yaitu tanaman ini mampu tumbuh sangat cepat  yaitu 40% perhari. Umur lemna hanya 10 hari dan setiap induk bisa menghasilkan 20 anakan.

4. Wolffia

Tanaman berbunga ini disebut sebut sebagai tanaman berbunga yang terkecil di dunia. OLeh karena itu, Wolffia ini bisa diberikan sebagai pakan mulai dari tahap pembenihan ikan nila. Dibandingkan dengan Lemna, jenis tumbuhan satu ini lebih cepat perkembangbiakannya. Tumbuhan ini disebut juga watermeal atau duckweed. Tumbuhnya melayang layang di atas air daan berwarna kekuningan atau hijau.

5. Daun talas, singkong

Daun talas dan daun singkong cocok untuk dijadikan pakan ternak ikan nila karena ketersediannya yang melimpah, dan juga sangat mudah ditanam tanpa perlu perawatan khusus. Pemberian pakan daun talas dan singkong untuk pakan ikan nila yaitu dengan cara daun dipotong-potong menjadi kecil terlebih dahulu.

6. Ampas kelapa

Ampas kelapa biasanya menjadi limbah, namun ternyata bisa dimanfaatkan untuk pakan ternak ikan nila lho. Pemberian pakan ini bisa langsung atau bisa juga dicampur dengan dedak atau tepung ikan.

7. Dedak

Dedak merupakan limbah hasil penggilingan padi. Dedak sangat populer bagi para peternak, tidak hanya peternak ikan nila, namun peternak hewan lainnya. Biasanya untuk pemberian pakan dedak dicampur dengan jenis pakan lainnya.

8. Sisa nasi

Jika dirumah kamu ada nasi yang tersisa dan tidak bisa dimakan, lebih baik diberikan saja untuk pakan ternak ikan lele. Sisa nasi bisa langsung diberikan atau dijemur terlebih dahulu.

9. Sisa sayuran

Sayuran pada dasarnya mengandung nutrisi yang baik sehingga cocok untuk pakan ikan nila. Kamu bisa menggunakan sisa-sisa sayuran yang ada di dapur ataupun sayuran yang sudah layu.

10. Maggot

Maggot merupakan salah satu makhluk kecil berwarna kecoklatan  pemakan buah busuk. Maggot adalah bentuk larva dari serangga black soldier fly. Kadar protein maggot mencapai 45%, sehingga sangat cocok untuk dijadikan pakan ikan nila.

Itulah aneka jenis pakan alami untuk ikan nila. Dengan menggunakan pakan alami kamu bisa menghemat biaya produksi dalam budidaya ikan nila hingga 30-60% lho. Semoga informasi di atas bermanfaat buat kamu ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here