Home Biodiversitas Angelfish Peppermint, Ikan Hias Bernilai Ribuan Dollar

Angelfish Peppermint, Ikan Hias Bernilai Ribuan Dollar

www.rockncritters.co.uk

Agrozine – Sesuai namanya, Angelfish peppermint memiliki warna unik seperti permen. Ikan tropis ini hidup di kedalaman laut yang sulit diakses oleh penyelam karena tekanan yang ekstrim. Mereka suka bersembunyi dari predator di sekitar gua dan terumbu karang dekat dasar laut. Karena kelangkaannya, harga satu ekornya bisa mencapai ribuan dolar. Harga tertinggi yang pernah dibayar untuk angelfish peppermint adalah sekitar $30.000.

Nama ilmiah angelfish peppermint adalah Centropyge boylei. Kata “centropyge berasal dari kata Yunani yang berarti “sengatan ekor”. Ini mungkin merujuk pada kebiasaan mereka saling menggigit ekor. Nama “boylei” diambil untuk menghormati kolektor ikan Charles J. Boyle yang pertama kali menemukan ikan tersebut. Spesies ini berkerabat paling dekat dengan jenis angelfish kerdil lainnya , termasuk angelfish kerdil punggung api dan angelfish kerdil kuning. Pada tahun 2019, hanya satu angelfish peppermint yang dipamerkan di dunia, yaitu di Akuarium Waikiki di Honolulu.

Angelfish peppermint biasanya ditemukan berpasangan atau kelompok kecil yang memberikan perlindungan terhadap predator. Ikan ini tidak pernah menyimpang jauh dari tempat persembunyiannya saat mencari makan. Angelfish peppermint umumnya berkomunikasi satu sama lain melalui sinyal kimia dalam urin dan empedu.

Angelfish peppermint adalah ikan kecil, panjangnya antara 1 hingga 3 inci. Bagian depan tubuhnya melengkung menjadi moncong, sedangkan sirip belakangnya berbentuk persegi. Sirip punggung di bagian belakang tampak berduri. Ciri yang paling menonjol adalah lima garis vertikal oranye terang dan putih bergantian di sepanjang tubuh yang menyerupai warna permen. Sirip samping dan sirip ekornya juga benar-benar tembus cahaya.

Angelfish peppermint ditemukan di berbagai lokasi di seluruh wilayah Samudra Pasifik Selatan, khususnya di sekitar Kepulauan Cook. Mereka lebih suka bersembunyi di gua-gua berbatu dan terumbu karang hingga kedalaman sekitar 300 atau 400 kaki. Jumlah populasinya tidak diketahui, tetapi tampaknya tersebar luas dan stabil di seluruh wilayah alaminya. Spesies ini hanya memiliki sedikit ancaman di alam liar, tetapi perubahan iklim dapat menimbulkan ancaman terhadap habitat terumbu karang mereka di masa depan.

Angelfish peppermint sebagian besar merupakan omnivora. Mereka mengarungi dasar laut untuk mencari sedikit makanan untuk dikonsumsi. Ikan ini memakan spons, cacing, krustasea, dan bahan organik kecil lainnya. Remaja lebih cenderung mengonsumsi sedikit tumbuhan dan hewan. Ikan ini sebagian besar dimangsa oleh hiu dan ikan besar lainnya.

Saat musim kawin, angelfish betina akan bertelur di daerah berbatu atau berpasir di dasar laut. Pejantan akan membuahi sel telur secara eksternal bersamaan dengan spermanya. Telur-telur tersebut ditutupi oleh butiran-butiran minyak kecil yang memungkinkan mereka mengapung ke permukaan yang kaya akan plankton. Setelah menetas, benih dengan cepat bergerak dan mulai makan, dan mereka hanya memiliki sedikit pergaulan dengan induknya. Umurnya diperkirakan sekitar 20 tahun di penangkaran dan kemungkinan lebih pendek di alam liar.

Angelfish peppermint umumnya tidak ditangkap untuk tujuan komersial karena lokasinya yang terpencil, tubuhnya yang rapuh, dan kecenderungannya untuk bersembunyi di kedalaman yang sulit dijangkau. Oleh karena itu, mereka sangat jarang diperdagangkan dalam perdagangan hewan peliharaan.

Angelfish peppermint biasanya bisa dibeli di toko ikan yang khusus menjual spesies eksotik. Jika dipelihara, ikan ini memerlukan perawatan khusus. Mereka membutuhkan akuarium besar dengan suhu yang diatur di atas 70 derajat Fahrenheit seperti di habitat aslinya. Ikan ini dapat diberi makanan yang banyak mengandung alga dan makanan beku. Karena perilaku teritorial dan kecenderungannya untuk menggigit, ikan ini sulit dipelihara bersama ikan lain. Sisi positifnya, ikan ini memiliki umur yang baik serta penampilan yang unik dan menarik. Namun, reproduksi ikan ini belum diketahui terjadi di penangkaran.

Demikian informasi tentang Angelfish peppermint. Semoga bermanfaat, tetap semangat belajar, selamat berbudidaya, dan semoga sukses! (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here