Home Kehutanan Apa Bedanya Benih dan Bibit?

Apa Bedanya Benih dan Bibit?

BIBIT mempunyai arti BENIH atau asal dari segala sesuatu yang berkembang (wujud) untuk kemudian dikembang biakan menjadi lebih banyak.

Agrozine.id – Masih banyak orang yang sering menganggap benih dan bibit sama. Padahal ada perbedaan diantara keduanya. Untuk lebih mengetahui apa bedanya benih dan benih dan bibit, agrozine akan merangkumnya untuk kamu.

Secara struktural benih dan bibit dapat dikatakan sama, namun keduanya memiliki perbedaan dari segi fungsional. Benih atau biji adalah bahan tanam dalam budidaya. Benih juga memiliki pengertian sebagai biji tanaman yang sudah mengalami perlakuan sehingga dapat dijadikan sarana dalam memperbanyak tanaman. Benih atau biji adalah bahan tanaman yang digunakan sebagai awalan munculnya sebuah tanaman baru.

Benih memiliki ukuran kecil yang didapatkan dari bagian tanaman yang telah diseleksi. Benih digunakan sebagai sarana perkembangbiakan secara generatif pada tumbuhan. Biji dapat tumbuh tanpa campur tangan manusia, entah karena terbawa angin atau tersebar dengan perantara binatang.

Yang dimaksud dengan bibit adalah bahan tanam yang berasal dari benih yang telahdisemai dan telah memiliki kecambah untuk menuju proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Yang mencirikan bibit adalah sudah tumbuhnya akar, batang dan daun dalam bentuk kecambah. Bibit digunakan sebagai alat perkembangbiakan secara vegetatif pada tumbuhan.

Untuk menumbuhkan bibit dibutuhkan persemaian atau wadah tanam lainnya sebagai tempat tumbuh bibit dari biji sebelum nantinya akan dipindahkan ke lahan atau media tanam lainnya.

Dilihat dari segi fungsinya benih dan bibit sama-sama digunakan dalam kegiatan budidaya. Teknik budidaya dibutuhkan untuk mengoptimalkan hasil produksi. Oleh karena itu dalam kegiatan budidaya diperlukan pemilihan benih atau bibit yang tepat dan berkualitas.

Untuk dapat memproduksi benih, diperlukan teknik perbenihan tanaman agar dihasilkan benih tanaman berkualitas. Teknik perbenihan dapat dilakukan secara generatif maupun vegetatif.

Teknik produksi benih secara vegetatif umumnya dibedakan menjadi dua yaitu teknik produksi konvensional dan teknik produksi modern. Perbedaannya hanya pada teknologi yang digunakan dalam perbenihan, dimana teknik perbenihan modern menggunakan teknologi yang lebih canggih dibandingkan teknik perbenihan konvensional.

Proses produksi tanaman mulai dari benih ditanam, kemudian tumbuh dan berkecambah selanjutnya disebut sebagai bibit. Bibit inilah yang nantinya akan dpindahkan ke lahan tanam untuk menjadi tanaman baru.

Itulah bedanya benih dan bibit. Jangan sampai salah lagi ya! (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here