Home Perikanan Apa Itu Pabrik Mini Pakan Ikan Mandiri?

Apa Itu Pabrik Mini Pakan Ikan Mandiri?

Apa Itu Pabrik Mini Pakan Ikan

Agrozine.id –  Persemian sebuah pabrik mini pakan ikan mandiri untuk percontohan telah dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT). Ini merupakan pabrik mini pakan ikan mandiri, dan pendiriannya tentu guna mendorong kemandirian kelompok masyarakat dalam memproduksi pakan ikan secara mandiri, alhasil, bisa memberikan kesejahteraan untuk masyarakat sekitar karena produksi pakan yang dibuat lebih banyak dari sebelumnya.

Dalam peresmannya, Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto mengutarakan jika pakan ikan yang telah dibuat mencapai 1,2 ton per hari, tetapi dengan keberadaan pabrik maka produksinya akan lebih besar.

Baca Juga : Pakan Fermentasi Mandiri Untuk Ikan Patin

Tujuan pendirian rumah produksi tentu saja sebagai upaya dalam mengurangi biaya pakan dalam usaha budidaya ikan terutama budidaya ikan air tawar yang cukup tinggi sebelumnya, sehingga diharapkan dengan adanya pabrik pakan ikan mandiri ini dapat sejahterakan masyarakat pembudidaya ikan di sekitar pabrik dan juga seluruh Indonesia.

Biaya yang dikeluarkan oleh pembudidaya pada umumnya berkisar antara 70-80% dari total biaya secara keseluruhan. “Dengan demikian sesuai arahan Kementerian Kelautan dan Perikanan harga pakan ikan harus ditekan sampai 60% dari harga yang sudah ada sekarang,” ucap Slamet Soebjakto.

Lebih lanjut Slamet mengharapkan bahwa bahan baku lokal yang digunakan untuk memproduksi pakan ikan juga menjadi siklus yang baik karena selain produksi yang bisa lebih banyak, masyarakat yang memberikan bahan baku lokal juga mendapatkan efek positif.

Selama ini pakan ikan mandiri yang diproduksi oleh BBPBAT telah memanfaatkan bahan baku lokal seperti  tepung ikan, tepung tapioka dan eceng gondok. Selain kandungan nutrisi yang lebih sehat,harganya pun tergolong lebih ekonomis.

baca juga : Ini Pakan Ikan Otomastis Sekaligus Pejaga Kualitas Air

Pemanfaatan bahan baku lokal dalam pembuatan pabrik mini pakan ikan mandiri ini diharapkan dapat menjadi upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pembudidaya ikan.  Grow juga dapat dikombinasikan pengunaanya dalam produksi pakan ikan mandiri sehingga akan mampu meningkatkan efisiensi pakan ikan yang diproduksi pabrik mini pakan ikan mandiri dan pada akhirnya akan mampu meningkatkan produksi.(ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here