Home Pertanian Aplikasi RiTx Bertani MSMB, Kontrol Lahan dari Gadget

Aplikasi RiTx Bertani MSMB, Kontrol Lahan dari Gadget

Agrozine – Sektor pertanian memiliki peranan penting di Indonesia. Mayoritas penduduk mengandalkan usahatani sebagai sumber penghasilan.  Meskipun lahan terhampar luas, tak jarang petani menemui kendala dalam prosesnya. Kondisi cuaca yang labil membuat petani mengalami gagal panen dan menelan kerugian.

Seiring perkembangan teknologi, berbagai sektor kehidupan semakin terbantu. Sektor pertanian ikut terkena imbasnya berkat sensor IoT (Internet of Things) dan AI (Artificial Intelligence). Alat bantu petani ini dapat mendeteksi langsung kondisi tanah dan cuaca selama budidaya. Nah, dalam artikel ini kita akan mengenal lebih lanjut aplikasi RiTx Bertani dari MSMB yang dapat membantu petani mengelola lahan. Simak ulasannya!

 

Aplikasi Rix Bertani

RiTx Bertani merupakan aplikasi mobile berbasis teknologi pertanian. Aplikasi ini dapat membantu petani melalui pencatatan sistem bertani, memilih pedoman budidaya, serta penanganan ataupun pengolahan pertanian yang baik. Diharapkan dengan penggunaan aplikasi RiTx Bertani dapat meningkatkan efisiensi pertanian dengan lebih mudah, hemat, dan tetap menghasilkan panen secara maksimal. Selain itu, petani akan mendapatkan akses mitra dan pasar yang tepat.

RiTx merupakan produk software yang berada dibawah PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB) yang berdiri sejak 2018. Visi MSMB yakni menjadi pelopor untuk teknologi di bidang pertanian, peternakan, dan budidaya ikan di Indonesia. Berkaca dari permasalahan petani yang tak jarang menemui gagal panen, MSMB menciptakan software berupa aplikasi RiTx Bertani. Aplikasi ini merupakan kerjasama MSMB dengan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) untuk mendorong smart farming di berbagai wilayah Indonesia.

RiTx Bertani merupakan aplikasi yang memanfaatkan teknologi sensor tanah dan cuaca berbasis AI (Artificial Intelligence) dan IOT (Internet of Things). Dengan RiTx Bertani, petani dapat memantau kondisi tanah dan cuaca secara realtime dari smartphone. Satu alatnya bahkan dapat memantau sekitar 50 hingga 100 hektare. Teknologi smart farming ini diharapkan dapat meningkatkan produksi dan efisiensi biaya produksi usahatani.

Cara Kerja Aplikasi RiTx Bertani

Cara kerja pertama RiTx Bertani yakni dengan melakukan pemetaan menggunakan kamera drone surveillance. Kedua, aplikasi ini akan bekerja dengan sistem farm monitoring. Petani dapat memantau situasi area lahan pertanian secara realtime hanya melalui smartphone. RiTx Bertani akan memberikan informasi langsung yang terjadi di lahan dan mengupdate data setiap 5 menit sekali. Sensor yang terdapat pada aplikasi ini akan mendeteksi suhu, kelembapan tanah, tingkat keasaman tanah (pH), hingga curah hujan. Terkait prediksi cuaca, RiTx Bertani juga akan memberi peringatan dini kondisi cuaca dan merekomendasi hal yang perlu dilakukan untuk meminimalisir risiko gagal panen.

Yang menariknya lagi, RiTx Bertani mampu menganalisa kebiasaan petani dalam mengelola lahannya yang sesuai dengan Good Agriculture Practice (GAP).  Lalu yang ketiga, dari perintah aplikasi petani dapat melakukan penyemprotan pupuk dan pestisida dengan drone sprayer. Drone sprayer ini memiliki kapasitas tangkai air mencapai 20 ml dan mampu terbang selama 10 menit untuk 1 hektare lahan. Dengan fitur ini petani dapat menghemat pupuk karena pemupukan dilakukan secara otomatis dan merata di lahan. Sensor debit air pada aplikasi ini juga dapat melakukan kontrol dengan water level sensor untuk mendeteksi ketinggian air serta arus air.

 

Nah, sekarang kita telah mengenal aplikasi RiTx Bertani yang dapat mempermudah kinerja petani. RiTx Bertani juga menyediakan forum diskusi yang dipandu oleh ahlinya melalui aplikasi. Petani dapat berkonsultasi mengenai efisiensi sistem bertani guna memperoleh hasil panen yang berkualitas. Beberapa instansi pemerintahan dan perusahaan telah bekerjasama dengan MSMB dalam proyek pertanian. Sebut saja program Petani Go-Online dari Kominfo dan Peningkatan Produktivitas dari SOHO Global Health. Saat ini, aplikasi RiTx Bertani juga membantu jalannya gerakan Smartfarming yang merupakan kerjasama Bank Negara Indonesia (BNI) dengan MSMB. (rin)

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here