Home Populer Asal Usul Tanaman Hias Monstera Thai Constellation, Tanaman Hias dengan Harga Selangit

Asal Usul Tanaman Hias Monstera Thai Constellation, Tanaman Hias dengan Harga Selangit

Agrozine.id – Monstera adalah salah satu jenis tanaman hias yang tidak kalah populer di kalangan masyarakat pecinta tanaman hias. Tanaman ini memiliki keunikan di daunnya yang membuat popularitasnya tidak kalah dengan tanaman hias lainnya. Salah satu jenis tanaman monstera yang saat ini sedang banyak dicari dan populer adalah Monstera Thai Constellation dengan harganya yang cukup mahal. Lalu darimana asal usul tanaman hias Monstera Thai Constellation ini? Berikut adalah ulasannya untuk anda.

Monstera Thai Constellation ini merupakan hasil kultur jaringan dari salah satu laboratorium Thailand yang memasok tanaman ke seluruh dunia. Hal tersebut berarti bahwa ketika dewasa, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai stek untuk kultur jaringan dan menghasilkan individu baru lagi.

Monstera Thai Constellation bisa mencapai harga puluhan juta rupiah, namun tetap diminati oleh mereka para kolektor tanaman hias.

Ciri Morfologi

Tanaman ini memiliki daun lebar dan membelah di beberapa bagian sehingga membentuk tampilan daun menjari. Monstera Thai Constellation ini memiliki ciri khas dan keunikan di bagian daunnya. Daun tanaman ini berwarna hijau dengan bercak-bercak putih mendekati krem. Warna ini jarang ditemukan pada jenis tanaman hias lainnya.

Yang menarik adalah pada awal pertumbuhannya, Monstera Thai Constellation memiliki daun yang berukuran lebar dan bentuk menyerupai jantung, namun ketika sudah dewasa daunnya akan membelah dan menyerupai bentuk jari. Selain itu, kelebihan tanaman ini adalah perawatannya yang tergolong mudah dibandingkan dengan jenis monstera lainnya.

Baca Juga: Aglaonema Hasil Silangan Greg Hambali. Ada yang Murah Banget 
Ada yang Masih Mahal Banget

Cara Menanam

Untuk teknik perbanyakan dan menanam Monstera Thai Constellation dapat dilakukan dengan teknik stek batang dengan langkah sebagai berikut:

  1. Pemotongan stek batang

Pemotongan batang dapat diambil dari tanaman induk. Disarankan untuk memilih batang dengan daun yang sudah memiliki akar angin untuk dilakukan pemotongan stek. Setelah itu, anda bisa menanamnya di pot atau media tanam baru atau juga bisa di dalam media air. Ketika akar dan daun baru sudah tumbuh, maka tanaman dapat dipindahkan ke media tanam yang lebih besar.

2. Penanaman ke media tanam

Siapkan media tanam berupa campuran sekam bakar, tanah gambut dan pupuk kandang. Setelah ditanam, siramlah tanaman dengan air secukupnya agar kelembabannya tetap terjaga.

Baca Juga: 9 Jenis Philodendron Paling Digemari, Koleksi Tanaman Sultan Paling
 Dicari Tahun Ini

 

Perawatan Tanaman

Dalam perawatannya, sebenarnya Monstera Thai Constellation ini tidak sulit. Bahkan jika dibandingkan dengan jenis monstera lainnya, perawatan tanaman yang satu ini cenderung lebih mudah. Berikut adalah hal yang perlu diperhatikan untuk merawat tanaman hias Monstera Thai Constellation.

Baca Juga: Mengenal Alocasia Batwing atau Advincula, Alocasia Eksotis Hutan Tropis
  1. Letakkan tanaman di tempat yang tepat

Meski menyukai cahaya matahari, namun tanaman ini tidak boleh diletakkan di lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung karena akan mengakibatkan daun tanaman menjadi terbakar. Jadi pastikan anda meletakkannya di tempat yang tepat.

2. Siram dengan air

Akar tanaman Monstera Thai Constellation menyukai air yang banyak sehingga anda disarankan untuk menyiram tanaman ini secara rutin, setidaknya satu kali dalam sehari. Namun pastikan agar media tanam tidak terlalu lembab karena bisa menyebabkan akar tanaman menjadi busuk.

Baca Juga: Mengenal Alocasia Jakclyn atau Tandurusa, Tanaman Hias Aroid Asli Indonesia

3. Lakukan pemangkasan

Lakukan pemangkasan jika ditemukan daun tanaman yang rusak atau berubah warna. Selain itu, anda juga bisa melakukan pemangkasan jika tanaman sudah terlalu rimbun. Bagian tanaman yang dipangkas tadi dapat anda gunakan untuk melakukan perbanyakan pada tanaman ini.

Nah sekarang anda sudah mengenal asal usul tanaman hias Monstera Thai Constellation, cara perawatan dan juga perbanyakannya. Jika sudah tumbuh besar dan rimbun tanaman ini akan menjadi lebih cantik dan pastinya cocok digunakan untuk menghiasi rumah anda. (ira)

 

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here