Home Perikanan Asuransi Nelayan Mandiri SiMantep, Jamin Perlindungan Para Pencari Ikan

Asuransi Nelayan Mandiri SiMantep, Jamin Perlindungan Para Pencari Ikan

program asuransi mandiri SiMantep

Agrozine.id – Dalam rangka upaya peningkatan kedaulatan pangan, Pemerintah mensyaratkan perlindungan dan kesejahteraan bagi pelaku utama ketahanan pangan, salah satunya adalah nelayan, pemerintah melakukan perlindungan nelayan melalui program asuransi nelayan mandiri SiMantep (Asuransi Nelayan Mandiri Terpercaya).

Program ini merupakan asuransi bagi nelayan dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi individu nelayan dalam rangka keberlangsungan kegiatan usaha penangkapan ikan. Asuransi bagi nelayan meliputi nelayan kecil dan nelayan tradisional dengan resiko yang dijamin kematian, cacat tetap dan biaya pengobatan.

Baca juga: Mengenal Teknologi Recirculating Aquaculture System (RAS)

Dilansir dari laman Instagram Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (@kkpgoid), program SiMantep (Asuransi Nelayan Mandiri Terpercaya) ini bertujuan untuk memberikan jaminan perlindungan bagi individu nelayan jika terjadi risiko kecelakaan dan kematian jiwa selama melakukan aktifitas menangkap ikan serta terhadap risiko kecelakaan di darat. Memberikan pengcoveran juga untuk biaya rawat dokter akibat kecelakaan dan pengcoveran untuk akibat kecelakaan mengakibatkan cacat tetap serta extra benefit lainnya. Selain itu juga memberikan santunan kepada ahli waris.

Asuransi nelayan mandiri SiMantep bekerjasama dengan PT. Asuransi Jasindo. Asuransi ini dibagi menjadi beberapa program dengan premi dan pertanggungan yang berbeda. SiMantep Hijau dengan harga premi Rp 75 ribu dan maksimal pertanggungan Rp 50 juta, SiMantep Jingga dengan harga premi sebesar Rp 100 ribu dan maksimal pertanggungan Rp 100 juta, dan SiMantep Biru dengan harga premi sebesar Rp 175 ribu dan maksimal pertanggungan Rp 175 juta.

Program asuransi mandiri SiMantep ini merupakan keberlanjutan dari program Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang sudah dberikan pada tahun 2016 dan 2017 lalu.

SiMantep ini diberikan untuk nelayan yang tidak mendapatkan fasilitas BPAN. Namun, bagi nelayan yang pernah ikut di BPAN tahun 2016 atau 2017 dapat mengikuti program Asuransi Nelayan Si Mantep. Pendaftaran peserta SiMantep dapat dilakukan secara online dengan mengakses laman berikut ini http://www.simantep.jasindonet.com.

Kriteria Menjadi Pengguna Asuransi Nelayan Mandiri SiMantep

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Terdaftar dan/atau memiliki Kartu Nelayan/Kartu Pelaku Usaha Kelautan dan Perikanan (Kartu KUSUKA).
  • Nelayan Kecil, Nelayan Taradisional & Nelayan Buruh.
  • Memiliki aktivitas penangkapan ikan di perairan laut dan perairan darat wilayah NKRI.
  • Berusia minimal 17 (tujuh belas) tahun dan maksimal 65 (enam puluh lima) tahun pada saat pendaftaran asuransi.
  • Diutamakan nelayan tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB), Koperasi Nelayan, Perusahaan dan Kelompok kolektif lainnya.

Diharapkan semua nelayan mendapatkan asuransi ini, agar nelayan tetap terlindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan ketika bekerja. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here