Home Pertanian ATV Kendaaran Segala Medan Untuk Membantu Petani dan Cara Merawatnya

ATV Kendaaran Segala Medan Untuk Membantu Petani dan Cara Merawatnya

Agrozine.id – Kendaraan segala medan adalah alat yang sangat diperlukan petani bahkan dalam skala kecil sekalipun untuk membantu pekerjaan berat seperti memindahkan barang berat dan besar atau membajak lahan. Hadirnya ATV kendaraan segala medan untuk bantu petani mengelola lahan menjadi angin segar bagi para petani. ATV dapat menghemat waktu kerja sehingga menjadi lebih efisien.

Namun sama seperti alat lainnya,ATV juga membutuhkan perawatan agar dapat digunakan dalam waktu yang lama. Bahkan ketika ingin membeli alat ini perlu diperiksa berbagai hal yang menjadi kelengkapan ATV. Periksa terlebih dahulu semua bagian mesin ATV,apakah lengkap atau tidak. Periksa pegangan tangan,kursi,keranjang dan komponen lainnya untuk memastikan kelengkapannya.

Untuk pegangan longgar, Anda dapat menggunakan lem pegangan atau kawat pengaman atau cukup menggantinya. Periksa sebanyak mungkin mur dan baut untuk kelonggaran apa pun. Amankan apa saja yang perlu diamankan.

Selanjutnya, periksa level cairan, filter udara dan tekanan ban. Periksa manual jika anda ingin mempelajari semua cairan yang perlu diubah dan di mana mereka diakses. Cairan termasuk oli, fluida transmisi, fluida diferensial, cairan pendingin, dan gas. Periksa dipsticks atau indikator level untuk masing-masing, dan tutupi sesuai kebutuhan atau ubah jika cairan terlihat kotor.

Jika Anda membeli ATV bekas atau memulai untuk pertama kalinya setelah beberapa bulan duduk, periksa tangki bensin. Jika tidak ada gas, anda bisa menambahkannya secara manual. Jika Anda tidak yakin sudah berapa lama sejak ATV dikendarai, kosongkan gas dari tangki dan karburator, buang dengan benar dan tambahkan gas segar.

Periksa filter udara untuk memastikannya ada di sana, dan itu bersih. Ubahlah jika kotor. Olesi bagian yang menyentuh kotak udara, dan tambahkan lapisan oli filter tebal untuk memperpanjang umur filter.

Selanjutnya,periksa ban dengan hati-hati untuk memastikan tidak ada kerusakan dinding samping atau apapun yang menempel pada salah satunya. Paku dapat menyebabkan ban mengempis di tengah perjalanan, yang tidak menyenangkan (dan berpotensi berbahaya). Jika dinding samping sangat aus atau menunjukkan tanda-tanda busuk, ganti ban sesegera mungkin.

Periksa rem sesering mungkin. Rem yang longgar atau aus dapat menyebabkan kecelakaan atau kerusakan pada komponen yang mahal. Pastikan kabel dalam kondisi baik dan meluncur melalui lengannya dengan lancar. Periksa kaliper untuk memastikan mereka disesuaikan dengan benar.

Jika Anda mendengar penggilingan logam-ke-logam atau melihat percikan saat pengereman, ganti bantalannya sesegera mungkin. Jika ATV Anda dilengkapi dengan rantai, periksa secara teratur untuk memastikannya disesuaikan dengan benar.

Untuk ATV berpendingin air, bersihkan radiator dari serpihan dengan selang air, dan periksa level cairan pendingin secara teratur. ATV dengan start listrik dilengkapi dengan baterai. Pastikan baterai memiliki daya baterai yang baik, dan simpan pengisi daya bersama Anda setiap saat. Menjaga aliran air tetap stabil ketika ATV tidak digunakan dalam waktu lama akan membantu memastikan sistem kelistrikan yang kuat. ATV Kendaraan segala medan siap digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas pertanian anda. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here