Home Populer Awas! Hindari 5 Kesalahan Dalam Merawat Aglaonema

Awas! Hindari 5 Kesalahan Dalam Merawat Aglaonema

aglaonema cepat bertunas

Agrozine.id – Merawat tanaman hias jenis Aglaonema sebenarnya tidak terlalu sulit jika kita memahami karakteristik tanaman tersebut. Namun, seringkali kita melakukan kesalahan dalam merawat Aglaonema, terlebih bagi para pemula.

Beberapa kesalahan yang dilakukan seorang pemula dalam merawat tanaman Aglaonema terkadang bukan hal yang disengaja, akan tetapi lebih kepada kurangnya pengetahuan maupun pemahaman cara merawat aglaonema yang baik dan benar.

Baca juga: Mengenal Jenis Calathea Pink Jessy dan Cara Merawatnya

Nah, buat kamu yang penasaran apa saja sih kesalahan dalam merawat Aglaonema? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Intensitas penyiraman terlalu sering dan berlebih

Menyiram tanaman Aglaonema setiap hari adalah hal yang keliru. Sebab, media tanam yang selalu basah membuat tanaman Aglaonema jadi berpotensi busuk akarnya dan jadi layu. Oleh karena itu, atur waktu penyiraman. Misalnya, 3-4 hari sekali atau sesuaikan dengan kelembaban media tanam.

Selain itu, kesalahan lainnya yaitu penyiraman secara berlebih. Jadi, menyiram Aglaonema itu tidak perlu terlalu banyak airnya, apalagi sampai membuat banjir ke bawah. Lakukan penyiraman sdengan air secukupnya saja. Dan sebaliknya, jangan pula membiarkan tanaman kehausan. Jaga dengan baik kelembaban media tanam jangan sampai kering.

  1. Terkena papasan sinar matahri langsung

Jika Aglaonema ditempatkan terkena paparan sinar matahari, maka warna daun memudar, menguning, layu, hingga mati. Kenali lokasi Aglaonema dan ditempatkan ditempat teduh. Jangan sampai Aglaonema terkena cahaya sinar matahari secara langsung.

  1. Waktu penyemprotan

Penyemprotan Aglanema paling tepat dilakukan pada pagi sebelum pukul 8, serta sore hari di atas pukul 5. Hindari penyemprotan di siang hari yang terik, karena hanya akan membuat tanaman stess kemudian layu.

Arah penyemprotan juga sebaikanya ke belakang daun, atau semprot dari bawah bukan dari atas. Hal ini dilakukan karena stomata daun aglonema terletak di bawah.

  1. Kesalahan pemberian pupuk

Berikan pupuk secara berkala, seperti 3 minggu sekali berikan pupuk dengan jumlah yang dianjurkan terdapat pada kemasan pupuk. Karena apabila Aglaonema diberi pupuk terlalu banyak, tanaman ini justru akan menjadi stress sehingga tidak dapat tumbuh dengan baik.

Selain itu, jangan lupa gunakan jenis pupuk sesuai dengan daerah tempat tinggal. Kemudian jangan mencampurkan satu jenis pupuk dengan pupuk lain karena justru akan membuat aglonema rusak.

  1. Pemilihan pot tanam yang salah

Seusaikan ukuran pot yang akan digunakan dengan ukuran aglonema. Beberapa pemula justu menggunakan pot besar untuk aglonema berukuran kecil supaya terlihat cantik. Padalah, pemilihan pot besar ini justu membuat pertumbuhan aglonema terganggu.

Tempatkanlah Aglaonema kecil pada pot kecil, lalu pindahkan mereka pada pot besar ketika mereka juga sudah tumbuh besar.

Baca juga: Cara Budidaya Tanaman Hias Aglaonema Menggunakan Biji

Nah, itulah 5 kesalahan dalam merawat Aglaonema yang seringkali tidak disadari dilakukan oleh para pemula. Setelah mengetahui informasi ini, semoga kamu tidak melakukan kesalahan lagi dan Aglaonema milikmu tumbuh dengan subur ya. (ran)

(content patnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here