Home Biodiversitas Baby Dolphin, Si Lumba-Lumba Kecil Air Tawar

Baby Dolphin, Si Lumba-Lumba Kecil Air Tawar

aquariumfishcity.com

Agrozine – Baby dolphin yang disebut juga sebagai Eastern Bottlenose Mormyrid adalah spesies ikan air tawar berukuran sedang dari keluarga Mormyridae. Nama ilmiahnya Mormyrus longirostris. Mulut dan hidung yang menyerupai botol membuatnya diminati oleh penyuka ikan hias.

Baby dolphin banyak ditemukan di seluruh dataran Afrika di habitat air tawar, termasuk sungai Zambezi bagian bawah dan tengah, sungai Sabi dan Ludi bagian bawah dan di Luapula-Moero-Bangwelo. Ikan ini juga mendiami sungai Ruvuma dan Rufiji di Tanzania, danau Malawi, Tanganyika, Rukwa, serta sungai yang mengalir ke timur lainnya di Tanzania. Ikan ini juga banyak ditemukan di sungai-sungai wilayah Guenea, Liberia, serta Sierra Lione.

Banyak sekali ikan predator yang cukup unik, salah satunya adalah baby dolphin. Ikan ini cukup banyak penggemar karena bentuknya yang cukup lucu dan menggemaskan. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang menyerupai lumba-lumba sehingga ikan ini sering dijuluki lumba-lumba air tawar.

Baby dolphine memiliki warna hitam di seluruh tubuhnya. Sirip punggung lebih dari dua kali panjang sirip dubur. Bagian punggung ikan lumba-lumba air tawar ini lebih dekat ke ujung moncong daripada ke sirip ekor. Ikan ini bisa tumbuh besar dengan ukuran panjang maksimal 75 centimeter dan dengan berat mencapai 10 kilogram. Pada ikan baby dolphin dewasa, bagian tubuh belakang dari kepala sampai ekor mengandung aliran listrik. Jika kamu pegang dengan tangan kosong, kamu akan kesetrum.

Ikan ini biasanya memakan serangga dan rumput liar, kadang juga ikan kecil, telur ikan, bahkan hewan invertebrata kecil lainnya. Ikan ini berburu menggunakan listrik untuk mendeteksi mangsanya. Selain untuk berburu mangsa, bisa juga digunakan untuk mempertahankan dirinya dari ancaman bahaya. Pakan ikan baby dolphin peliharaan yang paling cocok adalah cacing beku.

Ikan ini memiliki habitat di gua-gua dan daerah berlumpur dengan dasaran empuk seperti pasir. Ikan ini di alam liar hidup dengan membentuk kawanan kecil. Sifat ikan ini cukup pemalu sehingga suka bersembunyi di dalam ornamen-ornamen akuarium.

Ikan baby dolphin suka bersembunyi di rumput liar dan secara khas membentuk kawanan kecil. Ikan ini aktif sebagian besar di malam hari,  bergerak ke hulu di sungai setelah air surut dengan migrasi pada interval yang tidak teratur. Ikan ini berkembang biak selama musim hujan di musim panas dan ikan betinanya membawa 10.000-70.000 telur sekaligus. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here