Home Perkebunan Bagaimana Cara Budidaya Markisa dari Biji? Begini Caranya

Bagaimana Cara Budidaya Markisa dari Biji? Begini Caranya

cara budidaya markisa dari biji

Agrozine.id – Apakah kamu tau cara budidaya markisa dari biji? kamu berniat ingin membudidayakannya? Simak ulasannya pada artikel berikut ini.

Markisa atau nama lainnya Passion Fruit digemari karena rasanya yang manis. Buah ini dikonsumsi untuk olahan makanan dan minuman seperti kue, salad, dan sirup markisa. Tanaman markisa dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim tropis seperti di Indonesia.

Bicara soal khasiat, buah ini memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang mampu meringankan insomnia dan mengatasi masalah pencernaan.

Baca juga: Begini Cara Budidaya Bengkuang di Polybag

Buah markisa memiliki jenis yang beragam, di Indonesia yang populer untuk dibudidayakan adalah markisa kuning dan markisa ungu. Buah markisa ungu rasanya lebih manis dan biasa ditanam pada dataran tinggi, sedangkan markisa kuning rasanya sedikit asam dan ditanam pada dataran rendah.

Bagi kamu yang ingin mulai membudidayakan markisa, berikut ini cara mudah yang dapat kamu ikuti!

Cara Budidaya Markisa Dari Biji

  1. Pemilihan Benih

Biasanya, markisa dibudidayakan dengan menggunakan benih yang dibeli di toko pertanian atau biji dari buahnya. Pertama, siapkan satu jenis buah markisa yang ingin kamu tanam dan ambil bijinya.

Bersihkan biji tersebut dari pulp yang menempel dan cuci bersih dengan air. Jika sudah, keringkan biji seharian di bawah sinar matahari dan simpan biji di tempat teduh keesokan harinya.

  1. Penyemaian Benih

Sebelum memulai penyemaian, kamu perlu menyiapkan alat dan bahan seperti polybag atau pot, tanah, sekam padi, pupuk kandang, dan air secukupnya sebagai cara budidaya markisa dari biji.

Jika sudah, mulailah memasukkan campuran tanah, sekam padi, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1 ke dalam wadah pot. Tanam 2 sampai 3 biji markisa dalam media tanam, dan siram dengan air secukupnya.

Tanaman perlu ditempatkan pada tempat yang tidak terpapar cahaya matahari secara langsung, taruhlah pada tempat teduh. Jangan lupa untuk siram tanaman setiap sore hari.

  1. Pengolahan Lahan

Tahap ini, cara budidaya markisa dari biji, adalah pengolahan lahan. Sambil menunggu tunas pada benih tumbuh dan memiliki delapan daun, siapkan lahan yang akan digunakan menanam biji.

Pertama, tentukan lahan yang akan ditanam dan ukurlah panjang dan lebar lahan seluas 25 x 25 cm. Jika sudah, gali lubang dengan kedalaman kurang lebih 30 cm.

Selain itu, kamu dapat menyiapkan media tanam berupa tanah gembur, pupuk, dan padi sekam. Tidak ketinggalan, siapkan juga tiang-tiang rambat untuk tanaman markisa sebanyak jumlah lubang.

  1. Pemindahan Bibit

Nah, bibit yang akhirnya tumbuh tunas sekarang bisa dipindah tanam ke lahan  sebagai teknik atau cara budidaya markisa dari biji.

Ambil campuran media tanam yang telah disiapkan dan masukkan pada lubang sedalam 2/3 lubang. Masukkan bibit yang telah disiapkan dan tutup merata dengan tanah.

Selanjutnya, tancapkan tiang rambat dan ikat ke tanaman dengan kuat. Sirami tanaman markisa dengan air secukupnya.

  1. Pemeliharaan

Agar hasil markisa berkualitas, kamu perlu melakukan beberapa pemeliharaan untuk menjamin pertumbuhannya optimal. Berikut tips cara budidaya markisa dari biji:

  • Siram tanaman setiap hari, tingkatkan frekuensi seiring umur tanaman bertambah
  • Penggemburan tanah agar tanaman menyerap nutrisi dengan baik
  • Pangkas batang tanaman yang keluar dari tiang rambat
  • Lakukan pemupukan sebanyak 3 kali setahun, sebaiknya dilakukan antara bulan November – Mei
  • Semprotkan insektisida untuk menghindari hama dan penyakit tanaman
  1. Panen

Pada usia tanaman 5 bulan, biasanya buah markisa sudah mulai tumbuh. Namun sebaiknya kamu mulai memanen saat buah sudah matang dan berusia 9 bulan. Buah yang siap panen berwarna kuning atau merah keunguan (tergantung varietas), bila ditekan terasa empuk, dan tekstur kulit buahnya lunak.

Petiklah buah dengan tangan atau gunakan gunting bersih. Jangan lupa untuk menyisakan tangkainya sedikit, ya. Setelah itu, kamu bisa mencuci buah dan menyimpannya di lemari pendingin.

Baca juga: Panduan Praktis Cara Budidaya Manggis

Nah, itulah dia cara budidaya markisa dari biji. Bagaimana? Mudah kan caranya? Saat memakan buah markisa, jangan lupa untuk menyimpan bijinya, ya. Selamat mencoba! (rin)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here