Home Peternakan Balitbangtan Kembangkan Mesin Pencetak Pakan Ternak Bentuk Crumble

Balitbangtan Kembangkan Mesin Pencetak Pakan Ternak Bentuk Crumble

mesin pencetak pakan crumble

Agrozine.id – Keberhasilan dalam usaha peternakan salah satunya dipengaruhi oleh manajemen pakan. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan efisiensi pakan adalah menggunakan pakan dengan bahan dasar yang relatif murah, mudah diperoleh, dan kandungan nutrisi yang mencukupi serta didukung dengan pengolahan manipulasi bentuk pakan yang tepat. Misalnya dengan menggunakan pakan bentuk crumble . Pada artikel kali ini, kami akan mengulas secara lengkap mengenai mesin pencetak pakan ternak bentuk crumble.

Bentuk pakan ternak berdasarkan ukurannya dapat dibedakan menjadi tiga yaitu dalam bentuk mash (tepung), crumble (butiran), dan pellet. Ukuran pakan yang berbeda-beda ini ditujukan untuk diberikan pada hewan ternak sesuai dengan umurnya.

Pakan crumble merupakan tipe ransum yang mempunyai ukuran yang sedikit lebih besar dibandingkan dalam bentuk mash tetapi lebih kecil dibandingkan dalam bentuk pellet. Tujuan pembuatan pakan crumble ini yaitu agar pakan ternak dapat tahan lama disimpan dan densitasnya sedikit meningkat dibandingkan dalam bentuk tepung.

Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan jika ransum dalam bentuk crumble  memberi hasil yang lebih baik karena bioaktif dapat tercampur secara homogen didalam pakan yang dikonsumsi. Selain itu, meningkatkan konsumsi pakan, relatif tidak mengandung bakteri membahayakan, meminimalisir tercecernya pakan dan formula pakan menjadi lebih efisien.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBP Mektan) telah mengembangkan mesin pencetak pakan ternak bentuk crumble. Mesin ini berfungsi untuk mencetak campuran bahan pakan ternak yang berbentuk pellet yang sudah dikeringkan menjadi bentuk crumble.

Mesin pencetak pakan ternak bentuk crumble ini memiliki material konstruksi terbuat dari plat stainless steel dan material rangka dari hollow stainless steel. Ukuran dimensi keseluruhan panjang 1590 mm, lebar 600 mm, dan tinggi 1325 mm. Ayakan untuk memisahkan antara crumble dan mash berukuran 3×3 mm.  Outlet mesin pencetak ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu outlet untuk crumble di atas dan outlet untuk mash dibagian bawah.

Mesin ini menggunakan motor penggerak berupa motor listrik 1 phase dengan tenaga 1,5 Hp (1,1 kW), dengan sistem  transmisi berupa  reducer rasio 10 : 1, pulley 3 inch dan 6 inch poros pemecah, pulley 4 inch poros eksentrik. Pengayak dilengkapi 4 unit per pegas untuk getaran ayakan.

Harga mesin pencetak pakan ternak bentuk crumble ini yaitu sekitar Rp 10.500.000.

Dengan adanya mesin pencetak pakan ternak bentuk crumble ini diharapkan para peternak dapat mengembangkan bisnis pakan ternak, dan juga dapat menghemat biaya operasional mengenai pakan ternak. (ran)

 

Dilansir dari Badan Litbang Pertanian, Kamis (27/08/2020) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here