Home Populer “Bang Uji” Sang Pejuang Orangutan di Kalimantan Tengah

“Bang Uji” Sang Pejuang Orangutan di Kalimantan Tengah

Agrozine.id – Jhanson Regalino atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Bang Uji”adalah salah satu pejuang orangutan yang bekerja untuk Program Konservasi Mawas. Ia telah bekerja sejak pertama kali program tersebut didirikan pada tahun 2002. Saat ini pria berkumis ini menjabat sebagai Manajer Program.

Program Konservasi Mawas adalah salah satu program yang dimiliki oleh Yayasan BOS namun secara signifikan berbeda dengan program lainnya. Program ini berfokus untuk melindungi dan memulihkan hutan rawa gambut seluas 39.000 hektar yang merupakan habitat bagi ribuan orangutan liar. Namun hutan tersebut rusak akibat gagalnya prgram budidaya dan pengembangan padi.

baca juga : Pelopor Hutan Pendidikan di Kalimantan Tengah

Bang Uji dan timnya harus bekerja keras untuk merintis dalam program ini karena mereka adalah yang pertama di Yayasan BOS yang bekerja sama dengan lingkungan terdegradasi, populasi orangutan liar dan komunitas lutung kurang beruntung yang berada dalam satu wilayah kerja yang sama.

baca juga : 4 NGO Yang Konsern Soal Pelestarian Orangutan

“Kegiatan kami membutuhkan tindakan langsung, dan dapat berampak tidak hanya pada lingkungan tapi juga pada satwa liar dan masyarakat sekitar”, ujar Bang Uji.

Adapun kegiatan utama dalam Program Konservasi Mawas terdiri dari rehabilitasi hutan melalui penanaman kembali, restorasi lahan gambut dengan sekat kanal, pemberdayaan masyarakat melalui pembangunan ekonomi di 13 desa serta pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan berbasis masyarakat ditambah kegiatan penelitian.

Kegiatan konservasi merupakan upaya besar yang tidak mungkin dapat dilakukan tanpa partsipasi semua pemagku kepentingan termasuk masyarakat sekitar kawasan konservasi. Oleh karena itu dalam kegiatan perlindungan dan restorasi habitat yang dilaksabakan dalam Program Konservasi Mawas secara rutin melibatkan masyarakat sekitar kawasan gambut.

Dari pengalaman berinteraksi langsung bersama masyarakat desa diakui Bang Uji menjadi pengalam unik yang memberikan banyak pengetahuan berharga untuknya. Sepanjang perjalanan karirnya sebagai pejuang orangutan di Kalimantan Tengah, ia pernah terlibat dalam penyitaan bayi orangutan yang disekap warga sekitar akibat ketidaktahuannya mengenai perlindungan orangutan.

Untuk menjalankan perannya, pejuang orangutan harus berhati-hati dalam menginformasikan hukum kepada penduduk dan dituntut untuk bisa menjelaskan betapa pentingnya keberadaan orangutan di habitat alaminya dan memberikan edukasi sehingga pandangan masyarakat terbuka terkait dengan konservasi orangutan.

Baca Juga : Seperti Ini Pemulangan Orangutan Sumatera

“Bagian tersulit adalah membuat mereka menerima pandangan kita tanpa mereka merasa bertentangan dengan gaya hidup dan kepercayaannya”, ujar Bang Uji. (ira)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here