Home Perikanan Bintik Putih Pada Lele, Yuk Cek Faktanya!

Bintik Putih Pada Lele, Yuk Cek Faktanya!

bintik putih pada lele

Agrozine.id – Ikan lele yang memiliki bintik-bintik putih tengah menjadi perbincangan di media sosial. Beberapa orang di media sosial mengimbau masyarakat agar tidak mengonsumsinya. Lalu, apa penyebab bintik putih pada lele? Yuk simak faktanya berikut ini.

Melansir dari Kompas.com yang mengonfirmasinya kepada dokter hewan dari Lab Balai Uji Standar Karantina Ikan, BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Drh. M. Aji Purbayu. Ia mengatakan, ternyata bintik putih itu adalah Cysta Parasit Protozoa yang termasuk kedalam jenis Ichthyophthirius Multifilis atau lebih dikenal denga parasit penyebab White Spot pada ikan. Ikan yang terinfeksi biasanya memiliki tanda bintik putih dan akan membuat ikan menggosokkan badannya ke dinding kolam.

Baca juga: Cara Menanggulangi Penyakit White Spot Pada Ikan

Parasit ini tidak bersifat Zoonosis atau tidak menular ke manusia, dan parasit ini akan mati jika pemasakan pada ikan dilakukan dengan benar.  Sehingga ikan lele dengan bintik putih bisa dikonsumsi jika dimasak dengan cara yang benar.

Untuk mengobati dan menghindarinya, bisa dengan memindahkan ikan lele ke kolam yang lebih bersih dengan suhu 28 Celcius. Atau bisa juga dengan cara merendam ikan dalam larutan formalin 25 cc per meter kubik air ditambah dengan malacit green 0,15 gram per meter kubik air selama 24 jam.

Diketahui ikan lele banyak mengandung nutrisi. Ikan lele memiliki kandungan asam lemak omega3-dan omega 6 yang banyak. Asam lemak tersebut sering dihubungkan dengan penuruann tekanan darah, selain itu juga, para ahli juga menyebutkan bahwa jenis asam tersebut bisa mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

Nutrisi yang terkandung pada ikan lele juga turut membantu mengurangi kondisi peradangan pada penderita rheumatoid arthritis.Ikan lele juga memiliki kandungan protein tinggi. Ikan lele juga merupakan sumber vitamin yang baik, yaitu vitamin B12.

Baca juga: Mengenal Probiotik Ikan Lele, Penting untuk Budidaya Perikanan

Hanya saja, konsumsi ikan lele juga perlu diperhatikan. Jangan sampai mengonsumsi lele yang dibudidayakan untuk membersihkan kotoran atau hama di sawah. Jika kamu ingin mengonsumsi jenis lele yang satu ini, sebaiknya peliharalah terlebih dahulu selama beberapa hari di kolam dengan air mengalir. Ini perlu dilakukan dengan kemungkinan adanya kandungan bahan karsinogen dalam tubuh ikan lele yang digunakan untuk membersihkan kotoran.

Lebih lanjut, Drh. Aji menekankan, ikan lele dengan kondisi bitnik putih masih bisa dikonsumsi. Dengan catatan ikan harus diolah atau dimasak hingga benar-benar matang, (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here