Home Biodiversitas Botana Biru, Ikan Hias Eksotis Penghuni Terumbu Karang

Botana Biru, Ikan Hias Eksotis Penghuni Terumbu Karang

Ikan Botana Biru (Sumber: www.poisson-or.com)

Agrozine.id – Masih ingatkah kamu dengan tokoh ikan “Dori” yang memiliki sifat pelupa dalam film Finding Nemo? Seperti itulah penampakan ikan botana biru. Ikan cantik ini menjadi salah satu ikan hias air laut yang layak dikoleksi. Warna biru yang terang menjadikan orang betah melihatnya dalam akuarium.

Ikan botana biru bernama ilmiah Acanthurus leucosternon adalah ikan laut tropis yang tergolong dalam keluarga Acanthuridae atau lebih dikenal dengan keluarga ikan botana. Botana adalah keluarga ikan yang memiliki ciri khusus, yaitu keberadaan taji di pangkal ekornya yang sebenarnya adalah modifikasi dari tulang belakangnya. Dalam bahasa Inggris taji ini disebut dengan “scalpel” atau “pisau bedah” dalam bahasa Indonesia. Oleh karena itu, ikan botana juga disebut surgeonfish (ikan dokter bedah).

Ikan botana biru merupakan spesies ikan yang hidup bergerombol pada lingkungan laut dangkal dan terumbu karang dengan kedalaman 0-25 meter. Ikan botana biru biasa dijumpai pada rataan terumbu dan di sepanjang lereng ke laut dalam. Ikan ini memiliki kebiasaan hidup sendirian atau dalam jumlah kelompok besar yang mencari makan bersama-sama. PH yang sesuai untuk hidup ikan ini adalah 8,1 – 8,4 dengan temperatur 25° – 27° C.

Warna ikan ini secara umum biru mengkilap atau terang.  Kepalanya berwarna hitam. Mulut, daerah tenggorokan, sirip dubur, dan perut berwarna putih. Bagian tubuh depan berwarna hitam. Daerah sekitar insang berwarna putih. Sisi-sisinya berwarna biru. Sehat atau tidaknya ikan ini terlihat dari Intensitas warna birunya .  Sirip dada transparan dengan pantulan kuning. Sirip ekor bercagak berwarna belang hitam dan putih. Sirip punggung dan pangkal sirip ekor berwarna kuning. Ikan tidak mengalami perubahan warna saat dewasa.

Botana biru panjang rata-ratanya 23 cm dengan panjang maksimal 38 cm. Tubuhnya berbentuk oval dan dikompresi secara lateral. Bentuk badan bulat dengan bagian depan lebih lebar dari bagian belakang. Ikan botana biru memiliki kulit tebal dengan sisik yang halus. Sirip ekor memiliki bentuk bulan sabit. Botana biru berenang dengan sirip dadanya.

Ikan ini memiliki “pisau bedah”, yaitu bagian tulang belakang yang tegak, terletak di pangkal ekor. Mulutnya kecil dan runcing seperti paruh. Giginya kecil dan tajam untuk menjangkau ruang makanan yang sempit. Makanan ikan botana biru adalah alga, ganggang, dan tumbuhan kecil yang ditemukan di celah-celah karang.

Perkawinan keluarga ikan botana biasa terjadi pada senja atau fajar. Individu yang sedang melakukan perkawinan menjadi lebih aktif dan akhirnya kelompok ikan kecil melepas dari agregasi besar dan berenang ke dekat permukaan air, mengeluarkan sperma dan telur pada puncak kenaikan atau segera setelah mereka ke bawah. Ikan ini tidak merawat telur dan anaknya. Ikan botana memiliki masa hidup yang cukup panjang. Masa hidup ikan ini rata-rata 30 hingga 45 tahun di habitat alaminya.

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here