Home Perkebunan Budidaya Kakao bagi Pemula di Pertanian

Budidaya Kakao bagi Pemula di Pertanian

Tips Budidaya Sawit untuk Pebisnis Pemula

Agrozine.id – Budidaya kakao. Siapa yang tak kenal coklat dan tak pernah menikmatinya kelezatannya. Mereka selalu tersedia dalam bentuk camilan nikmat, isian, atau bahan tambahan makanan. Coklat merupakan produk olahan dari tanaman kakao.

Tingkat konsumsi yang tinggi terhadap coklat juga meningkatkan jumlah petani coklat. Bahkan, sampai saat ini tanaman kakao masih menjadi primadona para pengusaha baru yang ingin mencoba meraih pundi-pundi dari tanaman bernama theobroma cacao.  Apakah itu termasuk kamu?

Budidaya Kakao

Bila ingin melakukan pengembangbiakan tanaman ini maka tak bisa melewatkan beberapa tips berikut ini sebagai bekal untuk melakukan budidaya khususnya pada tanaman kakao;

Persiapan lahan

Seperti pada tanaman yang lain, kamu harus membersihkan area penanaman dari sarang gulma dan tanaman lainnya. Selain itu, kamu juga harus menanami tumbuhan yang menutupi tanah dari jenis polong-polongan. Ini untuk menghindari gulma kembali tumbuh.

Pueraria javanica, centrosema pubescens, dan calopogonium mucunoides merupakan tanaman yang sering digunakan untuk menutupi tanah. Kamu pun harus menanam tanaman pelindung untuk kakao, seperti lamtoro dan albazia. Tanaman pelindungi bisa kamu kurangi menjadi 1 pohon bagi 3 pohon kakao yang sudah berumur tiga tahun.

Bibit tanaman

Selain menggunakan biji dalam budidaya kakao, kamu bisa menggunakan bibit tanaman yang sudah setinggi 40 cm untuk di tanam di lahan yang sudah kamu siapkan. Bibit yang paling baik adalah hasil sambung pucuk. Bibit jenis ini lebih cepat waktu berbuahnya.

Penanaman

Persiapkan penopang dari bambu atau bahan lainnya setinggi 80 cm. Tanam tajir, istilah lain penopang sejajar satu sama lain dengan bantuan tali. Berikan jarak tanam setiap sisi 3 meter atau boleh 4 meter.

Buatlah lubang dengan kedalaman dan diameter sebesar 60 cm. Untuk tanaman pelindung, berikan jarak 1,5 meter setiap sisi. Pola penanaman tergantung keinginan, segi empat kakao dan tanaman pelindung atau segi empat kakao dan segitiga pelindung.

Baca juga : Mengenal Budikdamber dan Langkah-Langkahnya

Perawatan

Pohon kakao dapat tumbuh sekitar 10 meter. Namun, untuk mempermudah panen kamu boleh memangkas mereka dengan ketinggian maksimum 5 meter. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan pertumbuhan gulma. Segera singkirkan tanaman liar agar menjaga produktivitas tanaman kakao.

Baca juga : Mengenal Teknik Budidaya Ikan dan Tanaman dengan Aquaponik Kekinian

Pemberian pupuk juga perlu digunakan secara berkala dengan memperhatikan dosis sesuai umur tanaman. Hama dan penyakit bisa kamu hilangkan dengan penggunaan fungisida dan insektisida.

Baca juga : Mengenal Penyakit Darah pada Pisang, Ini Penanggulangannya

Itulah beberapa tips yang bisa diperlajari sebelum melakukan budidaya kakao. Tak sedikit yang sukses setelah menjalankan tips ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here