Home Perikanan Budikdamber,Solusi Budidaya Lele untuk Lahan Sempit

Budikdamber,Solusi Budidaya Lele untuk Lahan Sempit

budikdamber lele

Agrozine.id– Mungkin belum banyak yang tahu tentang istilah budikdamber. Istilah tersebut merupakan singkatan dari budidaya ikan di dalam ember yang belakangan ini sedang populer di kalangan masyarakat. Ya,budikdamber bisa menjadi alternatif bagi siapa saja yang ingin memelihara atau beternak ikan namun memiliki lahan yang terbatas. Tidak hanya beternak ikan,teknik budikdamber ini juga memungkinkan untuk menanam sayur seperti kangkung sekaligus di dalam ember yang digunakan sebagai media budidaya.

Baca Juga: Tips Sukses Budikdamber Ikan dan Kisah Awalnya Oleh Juli Nursandi

Budikdamber sendiri adalah teknik aquaponik yang pertama kali dikembangkan oleh Juli Nursandi S.P,M,Si dari Politeknik Negeri Lampung. Budikdamber ini bisa dilakukan di wilayah perkotaan yang tidak memiliki lahan luas untuk membuat kolam ikan. Selain itu,teknik budikdamber ini bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan protein hewani sekaligus sayuran dalam satu media budidaya.

Budikdamber bisa digunakan untuk semua jenis ikan,termasuk ikan lele. Budikdamber lele ini cocok dilakukan di wilayah perkotaan yang memiliki pekarangan sempit dan juga kualitas serta kuantitas air yang kurang.

Budidkdamber sedang banyak digeluti oleh masyarakat saat ini untuk sekedar menuangkan hobi beternak ikan atau yang memang sengaja untuk mendapatkan penghasilan/keuntungan dari budidaya lele,sekaligus panen sayur kangkung dalam satu waktu. Beberapa keuntungan dari teknik budikdamber lele ini adalah dapat dilakukan di lahan yang sempit,hemat waktu,tenaga dan biaya serta bisa dilakukan secara portabel.

Berikut tips untuk melakukan budikdamber lele:

Alat dan bahan yang dibutuhkan:

1.Ember berukuran 15 atau 80 liter

2.Benih ikan lele dan kangkung yang akan dibudidayakan

3.Gelas plastik

4.Arang batok kelapa atau arang kayu

5.Kawat lentur untuk mengikatkan ember dengan gelas plastik

6.Tang dan solder untuk melubangi ember

Cara MembuatĀ 

Budikdamber dapat dilakukan dengan cara yang sederhana saja. Langkah untuk membuat media budidaya ini adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Bintik Putih Pada Lele, Yuk Cek Faktanya!

1.Sediakan 10-15 gelas plastik dan lubangi bagian sampingnya juga bawahnya menggunakan solder

2.Haluskan arang,lalu tanam bibit kangkung atau letakkan benih di atas arang dan tutup kembali dengan arang halus. Jika menggunakan bibit,cukup tanam kangkung seperti biasa diatas arang yang sudah dihaluskan tadi.

3.Potong kawat dan gunakan sebagai pengait gelas plastik ke ember

4.Isi ember dengan air sebanyak 60 liter atau hingga 3/4 bagian ember yang akan digunakan,lalu diamkan dulu selama dua minggu

5.Isi ember dengan bibit lele dan biarkan selama 2 hari. Lalu susunlah gelas plastik yang sudah berisi bibit/benih kangkung dengan cara mengaitkannya menggunakan kawat.

Pemeliharaan Lele

Pemeliharaan ikan lele dalam ember membutuhkan penyinaran matahari yang cukup. Tempatkan ember di lokasi yang mendapat sinar matahari secara maksimal dan beri pakan ikan secara berkala antara 2-3 kali dalam sehari.

Kangkung akan terlihat tumbuh pada hari ketiga,ketika memberikan pakan ikan lele,jangan lupa juga sekalian menyiram kangkung,menggunakan air di dalam ember. Jika ada daun kangkung yang layu atau busuk segera buang,agar tidak menular pada kangkung yang lain. Sama halnya dengan kangkung,jika terdapat ikan lele yang berbau busuk,atau mati segera keluarkan dari dalam ember dan segera ganti air di dalam ember.

Baca Juga: 4 Cara Ternak Lele Bioflok, Cocok Untuk Pemula !

Mengganti air di dalam ember bisa dilakukan setiap 14 hari sekali. Penyedotan bisa 5-8 liter atau disesuaikan dengan keperluan saja. Saat kangkung semakin besar,maka air di dalam ember juga harus ditambah.Semakin besar kangkung,semakin banyak air yang dibutuhkan.

Panen lele dan kangkung bisa dilakukan secara terpisah. Ikan lele dapat dipanen setelah 2 bulan,sedangkan kangkung bisa dipanen setelah berumur 14-21 hari sejak tanam. Saat panen,sisakan bagian pangkal kangkung agar bisa bertunas kembali dan dipanen saat berikutnya.(ira)

Tonton video menarik ini:

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here