Home Populer Bumitama Agri Perluas Program Desa Bebas Api

Bumitama Agri Perluas Program Desa Bebas Api

Program Desa Bebas Api

Agrozine.id – Perusahaan perkebunan kelapa sawit, Bumitama Agri Ltd berkomitmen tinggi terhadap upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dengan memperluas program Desa Bebas Api dan Masyarakat Peduli Api yang sudah ada, perusahaan juga telah meningkatkan kemitraan dengan para pemangku kepentingan.

Secara efektif, Bumitama Agri melibatkan masyarakat setempat dalam program pencegahan kebakaran dan mendorong mereka untuk tidak menggunakan metode persiapan lahan secara tradisional.

Secara teratur, Bumitama Agri melakukan sosialisasi bersama, mengklarifikasi persyaratan peraturan baru, mendorong kepatuhan dan mempromosikan cara alternatif pembukaan lahan tanpa membakar kepada masyarakat setempat.

Baca juga: Kebijakan Zero Burning untuk Atasi Karhutla

Program Desa Bebas Api dan Masyarakat Peduli Api mendapat tanggapan positif dari beberapa desa. Kini, perusahaan mendapatkan informasi mengenai jadwal penggunaan api di dalam dan di sekitar batas administratif.

Dengan jadwal tersebut dan daftar pembukaan lahan yang disetujui, perwakilan dari perusahaan akan mensosialisasikan terkait kebijakan pembakaran. Mereka juga akan diberi penyuluhan tentang persiapan lahan pengganti dengan metode yang dapat memberikan hasil yang lebih baik dan tanah yang lebih sehat tanpa menggunakan api.

Untuk membuat kasus tersebut lebih kuat dan nyata, Bumitama Agri baru saja meluncurkan pengembangan pertanian sayur kecil berkelanjutan seluas 0,5 hektar di desa Cegolak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Dengan menerapkan metode pembukaan lahan manual, sebidang tanah ini akan menjadi percontohan “WOW” bagi masyarakat lokal.

Baca juga:  SiPongi: Deteksi Dini Kebakaran Hutan dan Lahan di Indonesia

Lahan tersebut akan ditanami padi, terong, dan ketimun lokal yang akan memberikan pendapatan tetap bagi masyarakat setempat sepanjang tahun. Proses ini akan dipelajari, didokumentasikan dan diterbitkan oleh akademisi dari universitas setempat untuk memberikan bukti ilmiah dan mendorong lebih banyak masyarakat untuk beralih dari metode pembukaan lahan tradisional. Metode ini juga dapat memberi mereka hasil yang lebih baik, tanpa harus melakukan pembukaan lahan lebih lanjut.

Bumitama Agri akan terus melanjutkan komitmen kebijakan keberlanjutannya dalam melindungi hutan yang ada dan merehabilitasi kawasan yang ditinggalkan bersama dengan masyarakat, mendidik mereka tentang risiko pembakaran lahan dan manfaat dari cara alternatif pembukaan lahan. (ran)

 

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here