Home Perikanan Bumphead Parrotfish, Ikan Karang Terbesar di Dunia

Bumphead Parrotfish, Ikan Karang Terbesar di Dunia

Bumphead parrotfish di Perairan Wakatobi, Indonesia (Foto: blog.wakatobi.com)

Agrozine – Bumphead Parrotfish dikenal juga sebagai Ikan Kakaktua Gempal atau Ikan Bayan Benjol Hijau. Nama ilmiahnya Bolbometopon muricatum dari famili Scaridae (parrotfish). Ini merupakan spesies ikan terbesar dan salah satu ikan karang terbesar di dunia. Ikan ini terkenal dengan benjolan besar di dahinya, yang digunakan untuk menghancurkan karang saat mencari makan. Bumphead parrotfish ditemukan di terumbu karang di seluruh Indo-Pasifik, dari Afrika Timur hingga Kepulauan Hawaii. Di Indonesia, ikan ini dapat dijumpai di perairan Wakatobi, Sulawesi  Tenggara.

Ciri-ciri Ikan Bumphead Parrotfish

  • Ikan Kakaktua Gempal adalah ikan terbesar dari famili Scaridae, dengan panjang tubuh mencapai 1,5 meter dan beratnya mencapai 75 kilogram.
  • Ikan ini memiliki tubuh yang besar dan kuat dengan kepala yang besar dan mulut yang besar. Benjolan besar di dahi mereka adalah ciri khas yang paling mudah dikenali.
  • Warna tubuh Ikan inibervariasi, tergantung pada jenis kelamin dan usia. Ikan jantan dewasa berwarna hijau kebiruan dengan garis-garis biru vertikal, sedangkan ikan betina berwarna hijau keabuan dengan bintik-bintik coke Ikan muda berwarna cokelat dengan garis-garis kuning.
  • Ikan ini memiliki sirip punggung yang tinggi dan sirip ekor yang besar. Sirip dadanya berwarna kuning cerah.
  • Ikan inimemiliki gigi yang kuat yang digunakan untuk menghancurkan karang.

Perilaku dan Habitat

  • Ikan bumphead parrotfish adalah ikan soliter dan teritorial. Mereka menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari makan di terumbu karang. Ikan ini adalah herbivora dan memakan alga dan karang.
  • Ikan ini ditemukan di terumbu karang di Indo-Pasifik. Mereka lebih menyukai terumbu karang yang dalam dengan arus yang kuat.
  • Bumphead Parrotfishberenang sendirian atau dalam kelompok kecil.
  • Ikan ini adalah ikan yang pemalu dan mudah takut oleh manusia. Berhati-hatilah saat mendekati mereka.

Status Konservasi

Ikan bumphead parrotfish diklasifikasikan sebagai Rentan oleh IUCN. Populasi mereka telah menurun di banyak tempat karena penangkapan ikan yang berlebihan dan kerusakan habitat.

Manfaat

  • Ikan iniadalah ikan yang penting bagi ekosistem terumbu karang. Mereka memakan alga dan ganggang yang dapat menutupi karang dan mengganggu pertumbuhannya.
  • Bumphead parrotfish juga membantu menjaga keanekaragaman hayati terumbu karang dengan menciptakan habitat baru untuk ikan dan invertebrata lainnya.
  • Ikan ini juga merupakan sumber makanan yang penting bagi masyarakat pesisir.

Bumphead parrotfish adalah spesies ikan yang penting dan indah yang memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan terumbu karang. Upaya konservasi diperlukan untuk melindungi spesies ini dari kepunahan. (das)

Yuk Sobat, Tonton Video Menarik Ini:

https://www.youtube.com/watch?v=q4oQJ1vX9-o

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here