Home Peternakan Burung-Burung Kicau Bernilai Jual Tinggi

Burung-Burung Kicau Bernilai Jual Tinggi

Agrozine.id – Burung bukan sembarang burung. Burung ini dihargai mahal karena suaranya yang indah dan bentuknya yang sedap dipandang mata. Berikut ini burung-burung kicau bernilai jual tinggi.

Murai Batu Sabang

Burung murai batu sabang adalah salah satu burung kicau bernilai jual tinggi yang hidup di daerah pulau Weh (Sabang). Di alam, Murai Batu memangsa cacing dan jenis serangga. Sebagian besar protein, vitamin, dan nutrisi penting lain yang dibutuhkan Murai Batu berasal dari belalang. Burung ini sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu jenis murai yang mulai sulit ditemukan atau hampir punah. Burung ini memiliki  daya tarik yang membuatnya banyak diidamkan para kolektor burung, mulai dari postur tubuhnya yang proporsional, keindahan bulunya,  hingga kicauannya yang keras. Burung murai sabang jantan harganya Rp. 4.000.000,00 – Rp. 13.000.000,00, tergantung bentuk tubuh dan panjang ekor. Burung murai sabang betina harganya Rp. 2.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00.

Burung Anis Merah

Anis merah (Geokichla citrina) adalah salah satu jenis burung kicau bernilai jual tinggi dari keluarga Turdidae. Burung ini bersifat omnivora, memakan berbagai macam serangga, cacing tanah, dan buah. Anis merah dapat dijumpai di beberapa daerah Sub-benua India dan Asia Tenggara berlahan basah dan berakar. Burung berukuran sedang (20–23 cm) dengan berat tubuh antara 47–67 g. Burung dewasa warna kepala, tengkuk, dan tubuh bawahnya jingga terang, tungging putih, tubuh atas abu-abu kebiruan dengan bercak putih di sayap atas. Burung muda bercoret dan bersisik di punggung. Paruhnya berwana hitam dan kaki cokelat. Anis merah yang bisa berkicau dengan gaya teler dihargai sekitar Rp 3.500.000.

Cucak Rawa

Cucak rawa adalah sejenis burung kicau bernilai jual tinggi dari suku Pycnonotidae. Di alam, burung ini memangsa aneka serangga, siput air, dan berbagai buah-buahan yang lunak. Burung ini berukuran sedang, panjang tubuh diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 28 cm. Mahkota (sisi atas kepala) dan penutup telinga berwarna jingga atau kuning-jerami pucat. Punggung cokelat zaitun bercoret-coret putih, sayap dan ekor kehijauan. Warna bulu dagu dan tenggorokan putih atau keputihan, leher dan dada abu-abu bercoret putih, perut abu-abu, dan pantat berwarna kuning. Iris mata berwarna kemerahan, paruh hitam, dan kaki cokelat gelap. Suaranya jernih, jelas, berirama merdu, dan kerap kali terdengar bersahut-sahutan.  Namun, kini c ucak rawhampir punah karena perburuan. Harga burung cucak rawa sepasang sekitar Rp 15 – 20 juta.

Jalak Bali

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) adalah burung kicau bernilai jual tinggi yang hanya ditemukan di hutan bagian barat Pulau Bali dan merupakan hewan endemik asli Bali. Pada tahun 1991, burung cantik ini dinobatkan sebagai lambang fauna Provinsi Bali. Jalak bali berukuran sedang, dengan panjang sekitar 25 cm Bulunya 90% berwarna putih bersih, pada ujung bulu sayap dan bulu ekornya berwarna hitam. Pelupuk matanya berwarna biru tua mengelilingi bola mata, paruh runcing dengan panjang 2–3 cm, di bagian ujungnya berwarna kuning kecokelatan, rahangnya berwarna abu-abu kehitaman. Burung mempunyai jambul di kepalanya dengan beberapa helai bulu berwarna putih bersih. Berat badan 107,75 gram. Kicauan suaranya khas berupa campuran siul yang memiliki jeda nada beberapa saat dan suara lengkingan. Harga jalak bali Rp 10 juta per pasang.

Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire ini merupakan jenis burung kicau bernilai jual tinggi yang bisa dibilang paling sempurna dan paling mahal jika dibandingkan dengan burung Kenari lainnya. Sebab, bentuk tubuh dari burung Kenari Yorkshire ini terlihat unik. Bentuk tubuhnya menyerupai wortel dibalik. Burung ini juga memiliki warna yang begitu mempesona. Harga burung kenari yorkshire jantan sekitar Rp. 4.500.000 – Rp. 8.000.000 per ekor. Sedangkan untuk betinanya sekitar Rp. 3.000.000 – Rp. 5.500.000 per ekor. Kenari yorkshire pejantan siap kawin (gacor) harganya  Rp. 8.000.000 – Rp. 13.000.000 per ekor.

(Sumber Foto: hobiburung.org)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here