Home Pertanian Cacing Nematoda yang Kuat, Mampu Hidup di Dalam Perut Bumi

Cacing Nematoda yang Kuat, Mampu Hidup di Dalam Perut Bumi

Agrozine.id – Di kedalaman bumi terdapat bebatuan yang sangat keras, panas dan oksigen minim. Namun siapa yang menyangka bahwa di dalam perut bumi ini terdapat makhluk hidup yang bisa bertahan hidup dan berkembang biak? Di beberapa pertambangan emas di Afrika Selatan ditemukan beberapa makhluk hidup kecil dan pertama kalinya ada manusia yang berhasil mendokumentasikan kehidupan makhluk hidup yang jauh di perut bumi. Makhluk hidup tersebut adalah cacing nematoda yang kuat.

Baca Juga : Mengenal Bintang Laut, Jenis dan Karakteristik Uniknya

Pada tahun 1980-an imuwan menemukan bahwa cacing nematoda ini bisa hidup jauh di perut bumi ribuan kaki di bawah permukaan tanah. Seorang ilmuwan bernama Gaetan Borgonie dari Extreme Insyensya di Belgia menyebutkan bahwa cacing nematoda yang kuat ini bahkan bisa bertahan jauh lebih dalam yakni di kerak bumi. Cacing-cacing tersebut mampu bertahan hidup di lingkungan yang sangat panas sekaligus dingin dan bertahan dengan kondisi dehidrasi. Sangat tidak disangka dengan kondisi yang minim sumber makanan juga minim oksigen tersebut, cacing kuat ini mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak di dalam perut bumi.

Cacing nematoda bisa bertransformasi menjadi bentuk khsusus bernama tahap Dauer. Untuk menyesuaikan diri dan bertahan dalam kondisi lingkungan yang cukup ekstrim, cacing-cacing ini akan bangun ketika kondisi lingkungan berangsur membaik.

Baca Juga : Populasi Baru Paus Biru Ditemukan di Samudera Hindia Bagian Barat

Hal tersebut mirip dengan yang dilakukan oleh beruang air, makhluk hidup yang mampu bertahan meski direbus di dalam air panas, dikeringkan dan bahkan dibawa ke luar angkasa. Saat dalam fase Dauer, cacing nematoda sangat kuat dan mampu bertahan hidup meski dalam kondisi lingkungan yang sangat ekstrim sekalipun.

Cacing nematoda yang kuat ini ada di hampir semua tempat di dunia. Cacing ini tidak pilih-pilih tempat untuk hidup. Mereka bisa ditemukan di mata air panas, pasir, pegunungan bahkan laut terdalam dan kerak bumi sekalipun.  Selain itu, cacing ini juga mampu hidup di kutub selatan, di dalam perut hewan dan manusia bahkan di dalam plasenta paus sperma. (ira)

 

Tonton video menarik ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here