Home Tanaman Hias Cara Budidaya Anggrek Hitam, Mudah & Murah

Cara Budidaya Anggrek Hitam, Mudah & Murah

Agrozine.id – Anggrek hitam memiliki bentuk, warna, dan aroma yang sangat menarik. Kelebihan lainnya adalah rajin berbunga dan memiliki aroma yang khas. Kelopak bunganya yang berwarna hijau pupus dan lidah bunganya yang berwarna hitam menampilkan sosok bunga anggrek yang eksotis. Warna hitam pada lidah bunga anggrek hitam merupakan pembawa sifat hitam yang langka sehingga dibutuhkan oleh para ahli pemuliaan tanaman untuk menghasilkan silangan baru dengan corak warna bunga yang menarik. Pengembangan budidaya anggrek hitam merupakan kunci lestarinya bunga yang sudah langka ini.

Anggrek hitam merupakan anggrek epifit yang hidupnya menumpang pada tanaman inang. Habitat hidupnya di pohon-pohon tua dekat sungai di hutan primer (kelembaban relatif tinggi). Tanaman ini tumbuh di dataran rendah maupun daerah pegunungan dengan ketinggian 1.000-1.500 dpl.

Anggrek hitam mudah dibudidayakan. Berikut ini cara budidayanya.

PERBANYAKAN TANAMAN
Anggrek hitam dapat diperbanyak secara vegetatif dan generatif. Perbanyakan secara vegetatif dapat dilakukan dengan cara memisahkan anakan, sedangkan perbanyakan secara generatif hanya bisa dilakukan di laboratorium.

PEMBUATAN MEDIA TANAM

Siapkan serbuk gergaji, lalu rendam dengan air sekitar 24 jam untuk menghilangkan getah yang melekat di serbuk gergaji. Beri larutan fungisida agar terhindar dari serangan jamur.

PENANAMAN

Letakkan media tanam dalam pot atau dalam rangka kawat yang telah dibentuk tabung seperti batang pohon. Untuk media yang memakai rangka kawat, sebelum memasukkan media serbuk gergaji, lapisi sisi luar rangka dengan sabut kelapa agar serbuk gergaji tidak keluar. Tanam anggrek hitam dalam pot atau tempelkan pada media rangka kawat yang telah diisi media tanam.

PEMELIHARAAN

  • Berikan pupuk untuk anggrek hitam muda, pilih yang banyak mengandung unsur N untuk merangsang pertumbuhan vegetatif. Contohnya Dekastar 22-8-4 dan Vitabloom 30-10-10. Lakukan pemupukan 2 kali dalam seminggu.
  • Setelah anggrek dewasa, berikan pupuk untuk merangsang pembungaan, contohnya Hyponex (biru) 10-40–15 dan Gandasil B 6 – 20 – 30. Lakukan 2 kali dalam seminggu.
  • Lakukan pemupukan padapagi hari (06.00–07.00) atau sore hari (16.00– 18.00).
  • Jika menggunakan pupuk berbentuk cair, semprotkan ke permukaan bawah daun, batang lalu ke akar.
  • Anggrek muda disiram 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari.
  • Anggrek dewasa cukup disiram sekali sehari pada pagi hari. Penyiraman terbaik dengan cara spray, ditujukan ke media, batang,dan daun. Hindari menyiram bunga karena akan menyebabkan cepat rontok.
  • Penyiraman juga dapat menggunakan air bekas cucian beras dan bekas cucian ikan maupun daging.

PANEN
Setiap anggrek hitam dewasa akan menghasilkan anakan baru. Pseudobulb-nya akan mengeluarkan tangkai bunga dengan panjang tangkai 10-90 cm (tergantung kesuburan tanaman anggrek). Kelebihan lain anggrek hitam ini sangat rajin berbunga. Biasanya dalam sebulan tanaman ini akan berbunga 4-5 kali dengan lama mekar bunga sekitar 7 hari.

Demikianlah budidaya anggrek hitam, mudah dan  murah bukan? Selamat mencoba dan semoga sukses!

(Sumber Foto: bibitbunga.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here