Home Pertanian Cara Budidaya Bayam Merah di Rumah

Cara Budidaya Bayam Merah di Rumah

Agrozine.id – Bayam merah merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya nutrisi diantaranya zat besi, protein, lemak,kalsium, karbohidrat, vitamin C dan serat. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam bayam merah menjadikannya baik untuk kesahatan tubuh dan disukai banyak orang. Dalam artikel ini kita akan membahas cara budidaya bayam merah di rumah menggunakan polybag.

Cara Budidaya Bayam Merah di Rumah

1. Siapkan lahan tanam

Bayam merah memiliki syarat tumbuh yaitu menggunakan tanah humus dan baik ditanam di suhu 16 hingga 20 derajat celcius.  Alat dan bahan yang diperlukan dalam budidaya bayam merah meliputi benih bayam, media tanam berupa tanah humus, pot atau polybag untuk wadah tanam, pot tray untuk media penyemaian benih bayam merah.

2. Penyemaian benih

Benih bayam merah yang sudah disiapkan selanjutnya ditebar di tray atau polybag yang sudah diisi dengan media tanam berupa humus, pupuk organik dan sekam dengan perbandingan 2:1:1.

3. Penanaman bibit bayam merah

Cara budidaya bayam merah berikut ini adalah penanaman bibit bayam dilakukan di lahan atau wadah tanam lain yang sudah diberi pupuk. Bibit yang sudah berukuran 3-6 cm sudah siap dipindahkan ke lahan tanam. Buat lubang tanam dengan jarak 10-15 cm per lubang.

4. Perawatan tanaman

Perawatan tanaman bayam merah meliputi penyiraman dan pemupukan lanjutan. Lakukan penyiraman secara rutin dan berkala sebanyak 2 kali sehari atau menyesuaikan dengan kondisi cuaca. Pada saat musim penghujan kurangi intensitas penyiraman. Agar tanaman tumbuh optimal, lakukan penyiraman awal setelah 7 hari sejak tanam bibit bayam merah menggunakan campuran air dengan pupuk cair.

Baca Juga : Intip Cara Budidaya Philodendron dan Perawatannya

Selanjutnya adalah pemupukan. Dalam tahapan ini cara budidaya bayam merah dilakukan dengan beberapa tahapan, bisa dilakukan 2 atau 3 minggu sekali menggunakan pupuk kompos, pupuk kandang atau pupuk organik lainnya. Selama proses pemupukan lakukan juga penggemburan tanah dan penyiangan. Pemupukan dapat dihentikan satu minggu sebelum panen.

5. Pengendalian hama dan penyakit

Pencegahan hama dan penyakit pada bayam merah penyemprotan pestisida atau fungisida ke daun tanaman.

6. Pemanenan

Tahapan terakhir dalam proses budidaya ini adalah pemanenan. Proses ini bisa dilakukan saat bayam merah sudah berumur 40 sampai 45 hari setelah tanam. Bayam merah yang sudah siap panen memiliki daun yang banyak dan berukuran besar atau sudah mencapai ukuran 20-30 cm.

Baca juga : Cara Budidaya Jahe Merah ‘si kaya manfaat’

Demikian cara budidaya bayam merah yang bisa anda terapkan di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat. (ira)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here