Home Perkebunan Cara Budidaya Belimbing Wuluh di Pekarangan Rumah

Cara Budidaya Belimbing Wuluh di Pekarangan Rumah

cara budidaya belimbing wuluh

Agrozine.id – Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi yang dikenal memiliki rasa masam dan menjadi salah satu bahan pelengkap masakan. Buah belimbing wuluh terkenal sebagai bumbu masakan untuk membuat gulai ikan, sup ikan atau pepes ikan, dan sebagainya. Lalu, bagaimana cara budidaya belimbing wuluh?

Sebenarnya, belimbing wuluh ini salah satu tanaman yang mudah untuk dibudidayakan. Tanaman ini dapat tumbuh dimana saja, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Selain itu, belimbing wuluh dapat tumbuh dengan subur di berbagai macam media tanah, mulai tanah lempung hingga tanah pasir. Kamu dapat melakukan budidaya belimbing wuluh di pekarangan rumah.

Belimbing Wuluh

Cara Budidaya Belimbing Wuluh

Berikut ini adalah cara budidaya belimbing wuluh di pekarangan rumah:

1. Persiapan bibit

Hal pertama yang perlu disiapkan untuk memulai budidaya belimbing wuluh adalah bibit. Untuk mendapatkan bibit belimbing wuluh ada dua acara yang dapat dilakukan, yaitu dari biji (generatif) dan dari stek, cangkok, sambung pucuk (vegetatif).

Sangat disarankan untuk menggunakan bibit dari perbanyakan vegetatif. Hal ini karena dengan teknik perbanyakan vegetatif tanaman akan cepat berbuah.

2. Penanaman

Setelah bibit disiapkan, buatlah lubang tanam dengan diameter sekitar 25 cm dengan kedalaman sekitar 30—40 cm, lalu masukkan bibit belimbing wuluh ke lubang dan siramlah dengan air hingga permukaannya basah. Selanjutnya, berikan insektisida furadan sebanyak 2 sdm ke dalam lubang. Kemudian, tutup lubang tanam dengan tanah kembali.

3. Perawatan

Setelah dilakukan penanaman selanjutnya tanaman belimbing wuluh perlu pemeliharaan sebagai berikut:

  • Pemupukan dilakukan saat tanaman berumur 3 minggu setelah masa penanaman dengan pupuk kandang, urea, ZA lalu ditambahkan cairan organik (bokashi), agar pertumbuhan tanaman cepat
  • Penyiangan dilakukan secara teratur dengan cara mencabut gulma yang tumbuh di sekitar tanaman
  • Pengendalian hama dan penyakit

4. Pemanenan

Belimbing wuluh yang kamu tanam dapat dipanen pada saat tanaman berumur 1 hingga 2 tahun sejak masa tanam.

Buah belimbing wuluh tidak mengenal musim sehingga hampir sepanjang tahun pohon belimbing wuluh akan berbuah.

Baca Juga : Tips Budidaya Tanaman Serai di Pekarangan Rumah

Semoga dengan adanya ulasan mengenai cara budidaya belimbing wuluh di pekarangan rumah ini dapat berguna dan bermanfaat buat kamu ya. (ran)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here