Home Pertanian Cara Budidaya Buni Agar Berbuah Lebat

Cara Budidaya Buni Agar Berbuah Lebat

Agrozine.id – Siapa yang ingin budidaya buni? Nggak bakal rugi loh! Sebab, tanaman yang sudah langka ini kaya manfaat. Selain itu, penampilannya menarik dengan buah beraneka warna, tidak menuntut banyak perhatian dalam perawatan, dan selalu hijau.

Budidaya tanaman buni juga sangat baik untuk reklamasi lahan kritis. Bisa juga sebagai tanaman hias dengan daun yang cukup indah, berselang-seling berwarna  hijau gelap. Bagi kamu yang berminat, ikuti saja panduan budidayanya berikut ini.

Pembibitan

Bibit buni dapat diperbanyak dengan benih, juga dengan setek batang, cangkok, penempelan, dan penyambungan. Cangkokan cabang yang berdimeter 2-5 cm umumnya dapat berakar setelah 95 hari. Untuk penempelan, pilih tunas yang agak tua, panjangnya 3-4 cm, licin, berwarna hijau, bertangkai daun, dan berlentisel. Umur batang bawah tidak terlalu berpengaruh.

Penanaman

  1. Tanam buni di lahan terbuka (tanpa terhalang pohon lain) sehingga mendapat sinar matahari langsung.
  2. Buat lubang tanam, tidak perlu dalam, hanya sedalam cangkul atau sedalam ukuran polybag bibit semai denganjarak antar lubang tanam sekitar 6
  3. Lepaskan polybag bibit, masukkan bibit beserta tanah semainya sehingga akar tetap utuh dan terjaga.
  4. Padatkan tanah di sekitar pangkal batang, lalu siram tanah di sekitar tanaman secukupnya hingga lembap.

 Pemeliharaan

  1. Siram saat kemarau agar tanah tetap lembap.
  2. Berikan pupuk kandang matang yang dicampur dengan cocopeat, taburkan di atas tanah sekeliling batang tanaman.
  3. Lakukan pemangkasan agar sinar matahari dapat masuk ke batang utama dan cabang-cabangnya juga mendapat sinar matahari secara merata.
  4. Bersihkan gulma di sekitar tanaman agar tidak mengganggu pertumbuhan buni.
  5. 4 bulan sebelum buni berbunga, berikan pupuk yang kadar kaliumnya tinggi. Umumnya buni mulai berbunga sekitar 10-12 bulan. Jadi pemupukan mulai bulan 6. Berikan pupuk setiap 10 hari sekali, bisa diselingi dengan pupuk NPK.

Pemanenan Buni

Pohon yang berasal dari semai dapat berbuah sekitar 5 tahun setelah ditanam. Tanaman yang diperbanyak secara vegetatif seperti setek atau cangkok dapat mulai berbuah setelah 1-2 tahun. Musim buah hanya berlangsung 2 bulan. Pohon buni dapat menghasilkan panen  270 – 400 kg buah dalam semusim.

Tandan buah buni dipanen dengan tangan dibantu dengan galah bambu. Sebaiknya, gunakan kantung jala untuk menampung cabang-cabang tandan yang rontok. (das)

(Sumber Foto: planterandforester.com)

(content partnership IG @amani.jungle, tiktok amani.jungle)

Tonton video menarik ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here