Home Perikanan Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Cara Budidaya Ikan Mas di Kolam Terpal

Agrozine – Jenis ikan satu ini telah banyak dibudidayakan masyarakat Indonesia. Kandungan protein ikan mas diperlukan untuk kesehatan tubuh, jadi tak heran bila permintaan pasarnya tinggi. Dalam budidaya ikan mas, kolam terpal kerap dimanfaatkan pada lahan sempit dan kurang pasokan air. Selain itu, kolam terpal membuat kualitas suhu air stabil dan ikan mas yang dihasilkan lebih segar. Yang jelas, kolam ini memberikan kemudahan untuk petani melakukan panen. Sebelum makin penasaran, simak cara budidaya ikan mas di kolam terpal berikut ini!

  1. Persiapan Kolam

Dalam budidaya ikan mas di kolam terpal, tentu kamu perlu mempersiapkan kolam sebagai wadah ikan terlebih dulu. Biasanya, kolam dibuat berukuran 7 x 10 m dengan kedalaman hingga 120 cm. Setelah kolam terpal, kamu dapat melanjutkan dengan pengisian air. Pastikan suhu air dalam keadaan ideal yakni 20 hingga 25 derajat celcius. Sebelum diisi dengan benih ikan mas, diamkan kolam terpal selama 2 hingga 3 hari atau dapat pula menaburkan pupuk organik. Air akan berubah warna menjadi hijau yang berarti plankton hidup dalam air sebagai pakan alami ikan mas.

 

  1. Pemilihan Bibit

Ada banyak jenis ikan mas yang dapat dibudidayakan, seperti ikan mas punten, ikan mas merah najwa, dan ikan mas sinyonya. Agar budidaya ikan mas berhasil, pilihlah bibit unggul yang bisa dibeli di kelompok tani, BPPI, dan UPT Kementerian Kelautan dan Perikanan. Pastikan bibit ikan mas memiliki gerakan yang gesit, kulit yang mulus, dan nafsu makan yang baik. Keseragaman ukuran bibit ikan mas agar pertumbuhan tiap ikan juga merata. Umumnya ukuran benit ikan mas memiliki panjang 10 hingga 12 cm dengan berat sekitar 80 hingga 100 gram.

 

  1. Pemeliharaan

Langkah satu ini tidak dapat dilewatkan agar ikan mas tumbuh sehat dan hasil panen melimpah. Pemeliharaan dapat dilakukan dengan menjaga kualitas air kolam dan pemberian pakan. Sesuaikan skala pemberian pakan dengan ukurannya, kamu dapat memberikan pelet berprotein 25 persen dengan volume pemberian 3 hingga persen dari bobot ikan. Berikan pakan sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Untuk meningkatkan daya tubuh ikan, kamu juga dapat memberikan vitamin dan probiotik.

 

  1. Panen

Setelah proses budidaya ikan mas selama 2 hingga 3 bulan, kamu dapat memanen ikan dengan bobot 300 hingga 400 gram. Ikan yang tidak memenuhi bobot masih berpotensi untuk dibesarkan. Pisahkan ikan tersebut dari air karena dikhawatirkan terdapat luka pada tubuhnya. Berikan obat malachite grin 0.5 hingga 1.0 ppm selama 60 menit untuk mengobatinya.

 

Nah, itulah cara budidaya ikan mas di kolam terpal yang pastinya mudah dipraktikkan untuk pemula. Budidaya ikan di kolam terpal tergolong praktis dan tidak membutuhkan banyak modal. (rin)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here