Home Perikanan Cara Budidaya Ikan Sidat di Tambak

Cara Budidaya Ikan Sidat di Tambak

Agrozine.id РIkan sidat yang memiliki nama latin Anguilla sp. dikenal juga dengan nama ikan unagi bagi masyarakat Jepang. Ikan yang hidup di habitat air tawar ini memiliki tekstur tubuh yang hampir sama dengan belut sehingga memiliki potensi besar untuk dibudidayakan. Dalam artikel ini akan diulas mengenai cara budidaya ikan sidat di tambak. Cara ini juga cocok bagi kamu yang masih pemula.

Ikan sidat dapat dibudidayakan menggunakan berbagai media seperti kolam tanah, kolam terpal dan tambak. Namun dalam artikel kali ini, akan diulas dengan lengkap cara memelihara ikan sidat menggunakan tambak.

Ikan Sidat di Tambak - Agrozine

Cara Budidaya Ikan Sidat di Media Tambak

1. Persiapan Lahan

Tahapan pertama adalah persiapan lahan. Lahan yang akan digunakan untuk membuat tambak harus dikeringkan terlebih dahulu selama 2-3 hari sampai tanah menjadi kering dengan kadar air menjadi 15-20 persen saja.

Selanjutnya lakukan pengupasan tanah sedalam 5-10 cm dan tinggikan tanggul. Setelah itu, ratakan dan padatkan dasar tambak kemudian keringkan hingga 5-7 hari untuk membuang zat-zat berbahaya yang mungkin masih tertinggal di tanah.

2. Persiapan Tambak

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya adalah persiapan tambak. Isikan air ke dalam tambak sampai setinggi 100-150 cm kemudian larutkan saponin dengan dosis 20-25 ppm untuk memberantas hama.

3. Persiapan Benih

Benih ikan sidat sebaiknya berukuran 50-100 gram per ekor. Taburkan benih ke dalam tambak dan selanjutnya biarkan benih ikan sidat melakukan proses aklimatisasi. Taburkan garam ke dalam bak aklimatisasi yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan parasit yang menempel di tubuh ikan sidat.

4. Pemeliharaan

Selanjutnya adalah tahapan pemeliharaan. Tahapan ini terdiri dari pemberian pakan ikan sidat dan penggantian air di dalam tambak. Pemberian pakan berupa pellet dapat dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore hari. Pakan diberikan menggukan alat bantu ancho untuk mengetahui kebutuhan pakan ikan sidat.

Tahapan lainnya dalam pemeliharaan adalah penggantian air di dalam tambak yang dilakukan setiap dua kali dalam satu minggu atau bila terjadi penurunan kualitas air di dalam tambak. Selanjutnya panen dapat dilakukan setelah ikan sidat berumur 1-1,5 tahun setelah tanam.

baca juga : Mengenal Hama Penyakit Ikan Sidat

Itulah cara budidaya ikan sidat di tambak. Tidak sulit bukan? Bagi kamu yang masih pemula, bisa menerapkan cara ini untuk memulai usaha ternak ikan sidat. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here