Home Perkebunan Cara Budidaya Jambu Kristal Dalam Pot. Panen dari Rumah

Cara Budidaya Jambu Kristal Dalam Pot. Panen dari Rumah

Cara Budidaya Jambu Kristal Dalam Pot

Agrozine.id – Sejak kemunculannya jambu kristal cepat menjadi primadona di kalangan pecinta jambu biji. Jambu yang berasal dari Thailand ini dikenal dengan daging buahnya yang tebal dan bijinya yang lebih sedikit atau bahkan tanpa biji. Kali ini agrozine akan membahas cara budidaya jambu kristal dalam pot.

Selain itu rasanya juga lebih manis dan renyah. Jambu kristal merupakan tanaman tropis yang terkenal dengan daya adaptasinya yang tinggi. Keunggulan lain dari jambu kristal adalah produktivitasnya yang tinggi dan dapat berbuah sepanjang tahun.

Oleh karena itu budidaya jambu kristal mulai banyak diminati. Budidaya jambu kristal cukup mudah kok,bisa ditanam di dalam pot sehingga kita bisa panen dari rumah.

Cara Budidaya Jambu Kristal Dalam Pot

Jambu kristal dikenal cepat berbuah dengan syarat tumbuh yang cukup mudah dipenuhi. Budidaya jambu kristal lebih mudah dan praktis jika dilakukan di dalam pot. Selain lebih mudah dilakukan,budidaya jambu kristal di dalam pot juga memudahkan proses pemanenannya juga lebih mudah karena dapat dilakukan di rumah.

Cara Budidaya Jambu Kristal Dalam Pot

1. Persiapan bibit

Sama seperti tahapan budidaya tanaman lain, persiapan bibit adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam tahapan budidaya jamb kristal.

Persiapan bibit dapat dilakukan dengan cara vegetatif maupun generatif. Cara vegetatif dapat dilakukan dengan mencangkok sedangkan cara generatif dapat dilakukan dengan cara menyemaikan biji jambu kristal.

2. Mempersiapkan media tanam

Dalam hal ini media tanam yang harus disiapkan adalah pot mengingat ulasan ini adalah budidaya jambu kristal dalam pot. Gunakan berukuran sedang sampai besar. Selain pot, media tanam yang harus disiapkan adalah campuran tanah, pupuk kandang dan sekam dengan perbandingan 2:1:1.

3. Penanaman dan perawatan jambu kristal

Menanam jambu kristal dalam pot dengan cara membuat campuran media tanam seperti yang sudah dijelaskan diatas. Agar akar tumbuh lebih banyak,potong sedikit akar tunggang dan untuk menjaga kelembaban potong separuh lebar daun pada bibit. Jangan lupa menyiram bibit yang sudah ditanam di dalam pot.

Setelah ditanam,jambu kristal membutuhkan perawatan agar jambu tumbuh dengan optimal dan memberikan hasil yang maksimal. Perawatan jambu kristal meliputi penyiraman yang dapat dilakukan secara berkala.

Penyiraman bertujuan untuk menjaga kelembaban tanah yang menjadi media tanam. Sampai jambu kristal berumur 2 minggu sejak tanam,lakukan penyiraman dua kali sehari pada pagi dan sore hari. Setelah itu penyiraman menyesuaikan kebutuhan saja.

Perawatan selanjutnya adalah pemupukan.Pupuk yang digunakan adalah pupuk kandang dan pupuk kimia yang disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Tahapan perawatan lain adalah penggemburan tanah dalam pot agar akar tanah tetap lunak.

Hal ini dilakukan setiap bulan sampai jambu kristal dianggap telah kuat. Perawatan terakhir adalah pemangkasan yang dibagi menjadi dua jenis yaitu pangkas bentuk dan pangkas produksi.

Pangkas bentuk dilakukan dengan tujuan mempermudah perawatan cabang-cabang jambu kristal dan pangkas produksi dilakukan secara periodik tiga minggu sekali dengan tujuan untuk menstimulasi munculnya tunas baru yang akhirnya akan menumbuhkan bunga.

4. Panen

Tahap terakhir dari cara budidaya jambu kristal dalam pot adalah panen. Keunikan dari jambu kristal ini adalah dapat panen dalam jangka waktu yang relatif cepat.Bayangkan saja hanya dalam 8-12 bula,jambu kristal sudah menghasilkan buah. Sebelum dipanen bungkuslah buah dengan kantong plastik agar terhindar dari hama yang biasa menggerogoti buah.

Demikianlah cara budidaya jambu kristal dalam pot. Mudah bukan? Saat ini jambu kristal mudah ditemukan di pasaran dan peminatnya semakin banyak. Harga satu kilo jambu krista dipatok mulai dari Rp.15.000 an. (ira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here