Home Perkebunan Cara Budidaya Kencur di Rumah, Mudah Banget!

Cara Budidaya Kencur di Rumah, Mudah Banget!

cara budiaya kencur di rumah

Agrozine.id – Kencur (Kaempferia galangal L.) merupakan tanaman herba yang memiliki rimpang dan beraroma yang khas. Semua bagian tanaman kencur memiliki khasiat dan manfaat yang beragam. Kencur banyak digunakan sebagai bahan baku dalam berbagai industri. Sehingga, budidaya kencur memiliki potensi usaha yang tinggi. Jika kamu tertarik untuk mencoba membudidayakan kencur, simak 5 cara budidaya kencur di rumah berikut ini:

Persiapan Bibit

Untuk mendapatkan bibit dengan kualitas baik biasanya diperoleh dari rimpang kencur yang sudah tua dan memiliki calon tunas.  Sebelum dilakukan penanaman, rimpang disimpan di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

baca juga: Budidaya Lengkuas di Dalam Pot

Persiapan Lahan Tanam

Penanaman kencur dapat dilakukan pada berbagai wadah media tanam seperti pot, polybag, atau langsung di pekarangan rumah. Hal yang wajib dilakukan pada tahap persiapan lahan ini adalah menggemburkan tanah. Kemudian tambahkan pupuk kandang serta abu sekam agar hasil budidaya kencur maksimal.

Penanaman Kencur

Setelah bibit dan lahan siap digunakan, selanjutnya dilakukan penanaman kencur. Hal yang harus diperhatikan adalah pengaturan jarak tanam. Jika menanam kencur di pekarangan, jarak tanam antar rimpang yaitu 15 cm. kemudian, apabila di tanam dalam pot/polybag, tanam 2-3 rimpang dalam satu wadah. Penanaman kencur sebaiknya dilakukan saat awal musim hujan datang. Selain itu, saat menanam posisi rimpang jangan sampai terbalik.

Perawataan Tanaman Kencur

Setelah dilakukam penanaman, tahapan penting selanjutnya yaitu perawatan tanaman. Hal ini bertujuan untuk menjaga tanaman agar tetap tumbuh dengan baik tanpa ada gangguan gulma dan penyakit, sehingga produktivitas meningkat.

Hal yang harus dilakukan yaitu penyiangan untuk membasmi gulma yang ada di sekitar tanaman kencur. Lalu, dilakukan penyulaman yaitu penggantian tanaman yang mati agar tanaman kencur tumbuh bersama dan menyeragamkan pemupukan. Selanjutnya, pembumbunan yang dimaksudkan agar rimpang selalu tertutup tanah dan penyerapan nutrisi oleh akar berjalan dengan baik.

Pemanenan Kencur

Setelah beberapa tahap penanaman kencur dilakukan, saatnya menikmati hasil panen. Kencur bisa dipanen setelah berusia sekitar 8-12 bulan. Cara memanennya cukup mudah yaitu dengan membongkar tanaman kencur, dan rimpang dibersihkan dari tanah.

Baca juga: Cara Budidaya Temu Ireng dalam Pot

Itulah cara budidaya kencur di rumah. Kamu bisa mempraktekkan langsung lho. Di jamin tidak akan rugi jika melihat banyaknya manfaat dan khasiat yang ada pada kencur. (ran)

 

Tonton video menarik berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here